Darmawijoyo, Darmawijoyo (2023) Pengembangan Soal Matematika Tipe TIMSS Menggunakan Konteks Paket Wisata Alam (plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)
Text (Vebrian, R., Darmawijoyo, Hartono, Y. (2022). Pengembangan Soal Matematika Tipe TIMSS Menggunakan Konteks Paket Wisata Alam(plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya)
J1 Turnitin.pdf - Other Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan soal matematika tipe TIMSS pada materi bilangan dengan menggunakan konteks paket wisata alam Danau Ranau dan Gunung Dempo yang valid dan praktis, serta untuk melihat potensi pengaruh soal yang dihasilkan terhadap kemampuan penalaran matematis, minat, dan ketertarikan siswa dalam mengerjakan soal. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII.7 SMP Negeri 55 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian desain dengan jenis penelitian pengembangan yang terdiri dari evaluasi(metode) pendahuluan dan evaluasi formatif. Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan soal matematika tipe TIMSS pada materi bilangan dengan menggunakan konteks paket wisata alam Danau Ranau dan Gunung Dempo yang valid dan praktis, serta berpotensi berpengaruh terhadap kompetensi penalaran matematis siswa, seperti menganalisis, mengintegrasikan, membuat kesimpulan, dan memberi alasan. Selain itu, berpotensi berpengaruh terhadap minat dan keseriusan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe TIMSS pada materi bilangan menggunakan konteks paket wisata alam Danau Ranau dan Gunung Dempo.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA1-43 General #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Darmawijoyo Darmawijoyo |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 00:00 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 00:00 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/109878 |
Actions (login required)
View Item |