DEVELOPING PROOF-BASED LEARNING USING APOS THEORY APPROACH IN EXPONENTIAL FOR ENHANCING STUDENTS’ REASONING ABILITY (plagiarism)

Darmawijoyo, Darmawijoyo (2023) DEVELOPING PROOF-BASED LEARNING USING APOS THEORY APPROACH IN EXPONENTIAL FOR ENHANCING STUDENTS’ REASONING ABILITY (plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Shinariko, L.J., Hartono, Y., Darmawijoyo. (2022). DEVELOPING PROOF-BASED LEARNING USING APOS THEORY APPROACH IN EXPONENTIAL FOR ENHANCING STUDENTS’  REASONING ABILITY (plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya] Text (Shinariko, L.J., Hartono, Y., Darmawijoyo. (2022). DEVELOPING PROOF-BASED LEARNING USING APOS THEORY APPROACH IN EXPONENTIAL FOR ENHANCING STUDENTS’ REASONING ABILITY (plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya)
j2 turnitin.pdf - Other
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran berbasis bukti merupakan pembelajaran matematika melalui pembuktian agar memperkuat konsep siswa. Penggunaan teori APOS (Aksi, Proses, Objek, dan Skema) bertujuan untuk mendeskripsikan struktur mental siswa dirangkum dalam HLT (Hypothetical Learning Trajectory). Berdasarkan dari kepentingan pembelajaran matematika, siswa dituntut untuk mempunyai kemampuan penalaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan mini teori pada pembelajaran berbasis bukti dengan menggunakan pendekatan teori APOS tentang struktur mental dan mekanisme mental siswa. Peran pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah design research tipe validasi. Subjek penelitian sebanyak 34 orang siswa SMA Negeri 1 Palembang. Untuk itu penelitian ini akan membahas konstruksi HLT yang akan menjadi mini theory. Dalam tulisan ini berfokus kepada pembahasan HLT pembelajaran berbasis bukti dengan penggunaan pendekatan teori APOS pada pembelajaran pertama. Hasil dari penelitian ini adalah membandingkan HLT dengan ALT, mengembangkan pembelajaran pembuktian, dan menguji kebenaran dari hipotesis yang dibuat berdasarkan metodologi penelitian. Melalui penelitian ini siswa didapat memperoleh kemampuan penalaran, dan pembelajaran yang diberlangsungkan sudah sesuai dengan HLT yang dirancang.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1-43 General
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Darmawijoyo Darmawijoyo
Date Deposited: 21 Jun 2023 02:27
Last Modified: 21 Jun 2023 02:38
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/109895

Actions (login required)

View Item View Item