PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA PADA KONTEN QUANTITY UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA(plagiarism)

Darmawijoyo, Darmawijoyo (2023) PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA PADA KONTEN QUANTITY UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA(plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Anisah., Zulkardi., Darmawijoyo. (2011). PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA PADA KONTEN QUANTITY UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA  SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya] Text (Anisah., Zulkardi., Darmawijoyo. (2011). PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA PADA KONTEN QUANTITY UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya)
j6 turnitin.pdf - Other
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

:Tesis ini berjudul ”Pengembangan Soal Matematika Model PISA pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Rumusan Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Bagaimana mengembangkan soal matematika SMP model PISA pada konten Quantity untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX yang valid dan praktis? Dan bagaimana efek potensial soal matematika model PISA pada konten Quantity untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Lubuklinggau? Penelitian dalam tesis ini mengembangkan soal model PISA pada konten Quantity yang berfokus pada kebutuhan untuk kuantifikasi. Aspek penting meliputi pemahaman ukuran relatif, pengakuan pola numerik, dan kemampuan untuk menggunakan angka untuk mewakili atribut kuantitatif objek dunia nyata. Soal didesain berdasarkan framework soal PISA dan diadaptasikan dengan kurikulum KTSP yang digunakan di SMPN 1 Lubuklinggau dengan memperhatikan indikator penalaran matematis. Soal dikembangkan dalam dua tahap dua tahap yaitu preliminary dan tahap formatif evaluation yang meliputi self evaluation, expert reviews dan one-to-one (low resistance to revision) dan small group serta field test (hight resistance in revision). Adapun instrumen dalampenelitian ini adalah soal model PISA pada konten Quantity dengan teknik pengumpulan data berdasarkan walkthrough, dan analisis dokumen. Setelah melalui tahap one-to-one, small group dan validasi secara deskriptif kuantitatif, soal diujicobakan pada tahp field test di kelas IX 4 SMPN 1 Lubuklinggau. Hasil tes secara keseluruhan dengan nilai rata-rat kemampuan penalaran matematis 30,43, termasuk pada kategori kemampuan penalaran matematis yang cukup, walaupun masih ada beberapa siswa yang masuk pada kategori kurang. Terlihat bahwa kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal model PISA pada konten Quantity masih belum begitu baik. Hanya sebagian siswa saya yang bisa menggunakan kemampuan penalaran matematisnya untuk menyelesaikan smasalah yang diberikan pada soal tersebut. Namun dari hasil ini juga dapat dikatakan bahwa soal model PISA pada konten Quantity telah memiliki efek potensial terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1-43 General
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Darmawijoyo Darmawijoyo
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:04
Last Modified: 21 Jun 2023 03:04
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/109923

Actions (login required)

View Item View Item