Laporan Pengabdian_Pendampingan dan Pengembangan Strategi Wisata Sejarah di Situs Sriwijaya bagi Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Palembang

Dedi Irwanto, Irwanto and Rita Inderawati, Inderawati and Syafruddin Yusuf, Yusuf and Alian, Alian (2022) Laporan Pengabdian_Pendampingan dan Pengembangan Strategi Wisata Sejarah di Situs Sriwijaya bagi Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Palembang. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of LAPORAN AKHIR_PENGABDIAN HPI.pdf] Text
LAPORAN AKHIR_PENGABDIAN HPI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjudul Pendampingan dan Pengembangan Strategi Wisata Sejarah di Situs Sriwijaya bagi Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Palembang. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah pertama, terjadinya perubahan sikap dan perilaku bagi peserta kegiatan ini, para anggota HPI Kota Palembang dan juga mahasiswa peserta pengabdian dalam praktek peningkatan dan pengetahuan untuk mengajak berkunjung para wisatawan domestik dan mancanegara ke situs situs Sriwijaya yang ada di Kota Palembang. Kedua, terjadi peningkatan pengetahuan narasi secara mendalam tentang situs-situs Sriwijaya yang ada di Kota Palembang bagi para anggota HPI Kota Palembang, sehingga dapat menyampaikan dengan benar dan tepat dengan wawasan kesejarahan dalam perspektif yang luas sehingga minat para pengunjung wisata sejarah meningkat sekaligus para pengunjung wisata sejarah mandapatkan pengalaman mendalam. Ketiga, kegiatan dengan teknik demplot pembuatan duplikasi prasasti seperti asliny memberi atraksi baru dalam wisata sejarah Situs Sriwijaya yang telah hilang dari tempat asalnya sehingga bisa menjadi salah satu icon wisata baru sekaligus memperbanyak situs wisata sejarah di Kota Palembang. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini berupa metode penyuluhan tatap muka, visitasi, pendampingan dan pengembangan strategi wisata sejarah situs Sriwijaya. Kegiatan pelaksanaan pengabdian ini dilaksanakan selama 6 bulan, yakni dari bulan Mei – Oktober 2022 sesuai dengan jangka waktu skema Pengabdian Kepada Masyarakat Skema Pengabdian Produktif Universitas Sriwijaya. Berdasarkan hasil data selama kegiatan tingkat pengetahuan anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Palembang dalam pengetahuan, keterampilan dan sikap tentang pengembangan strategi wisata sejarah di Situs Sriwijaya mengalami peningkatan siginifikan. Pada waktu pre-test sebelum pemberian materi pelatihan hanya sebesar 62.04. Selanjutnya mengalami peningkatan pada waktu post-test menjadi 87.14 yang masuk dalam kategori sangat baik. Luaran dan target yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah artikel jurnal ilmiah nasional terakreditasi Sinta 2 yakni jurnal Pantajala: Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya dan Produk Teknologi Inovatif/Tepat Guna dengan TKT 7 berupa Duplikasi Prasasti Kedukan Bukit di Lokasi Situs yang dapat di HKI-kan. Selain itu luaran tambahan berupa artikel ilmiah populer di media massa koran harian Palembang Ekspress dan target Ekivalensi sks dengan mata kuliah tertentu yang disetarakan sesuai dengan lamanya kegiatan (40 jam=1 sks).

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Grant/Fund
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Report (Laporan Penelitian)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Dedi Irwanto
Date Deposited: 14 Jun 2023 12:33
Last Modified: 14 Jun 2023 12:33
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/109927

Actions (login required)

View Item View Item