DESAIN SOAL PISA KONTEN UNCERTAINTY AND DATA KONTEKS PENYEBARAN COVID-19(plagiarism)

Darmawijoyo, Darmawijoyo (2023) DESAIN SOAL PISA KONTEN UNCERTAINTY AND DATA KONTEKS PENYEBARAN COVID-19(plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Saputri, N.W., Turidho, A., Zulkardi., Darmawijoyo., Somakim. (2020).DESAIN SOAL PISA KONTEN UNCERTAINTY AND DATA KONTEKS PENYEBARAN COVID-19 (Plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya.] Text (Saputri, N.W., Turidho, A., Zulkardi., Darmawijoyo., Somakim. (2020).DESAIN SOAL PISA KONTEN UNCERTAINTY AND DATA KONTEKS PENYEBARAN COVID-19 (Plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya.)
j14 turnitin.pdf - Other
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan(development research) yang terdiri dari tahap preliminary, self evaluation, expert review, one to one dan small group yang bertujuan untuk menghasilkan soal-soal tipe PISA konten uncertainty and data dengan konteks penyebaran Covid-19 yang valid dan praktis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil PISA Indonesia yang menunjukkan rendahnya kemampuan literasi siswa Indonesia. Oleh karena itu, pengembangan soal PISA dapat menjadi salah satu alternatif atau solusi dari permasalahan tersebut agar soal tipe PISA diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika pada siswa ketika digunakan dalam pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Izzuddin Palembang tahun ajaran 2019/2020. Hasil dari penelitian ini adalah soal-soal tipe PISA konten uncertainty and data dengan konteks penyebaran Covid-19 yang valid dan praktis. Berdasarkan analisis jawaban siswa diperoleh bahwa soal tersebut sudah praktis karena mudah digunakan dan dapat diinterpretasikan dengan baik oleh siswa sehingga menghasilkan respon jawaban siswa yang beragam dan tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuan siswa kelas X.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1-43 General
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Darmawijoyo Darmawijoyo
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:29
Last Modified: 21 Jun 2023 03:29
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/109978

Actions (login required)

View Item View Item