PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS MAHASISWA BERDASARKAN TEORI APOS UNTUK MEMAHAMI KONSEP JUMLAH RIEMANN(plagiarism)

Darmawijoyo, Darmawijoyo (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS MAHASISWA BERDASARKAN TEORI APOS UNTUK MEMAHAMI KONSEP JUMLAH RIEMANN(plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Saftari, M., Darmawijoyo, Hartono, Y. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS MAHASISWA BERDASARKAN TEORI  APOS UNTUK MEMAHAMI KONSEP JUMLAH RIEMANN. (Plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya.] Text (Saftari, M., Darmawijoyo, Hartono, Y. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS MAHASISWA BERDASARKAN TEORI APOS UNTUK MEMAHAMI KONSEP JUMLAH RIEMANN. (Plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya.)
J41 turnitin.pdf - Other
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah design research tipe development study. Penelitian ini mengembangkan bahan ajar berupa lembar aktivitas mahasiswa pokok bahasan jumlah Riemann berdasarkan teori APOS yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial dalam pembelajaran matematika. Penelitian memanfaatkan software Microsoft Excel. Pengembangan bahan ajar melalui tahapan yaitu preliminary study dan formative study. Tahap preliminary meliputi persiapan dan desain, sedangkan tahap formative study meliputi Self Evaluation, Expert Reviews, One to One, Small Group dan Field Test. Kevalidan bahan ajar dinyatakan oleh dua orang pakar (expert review), dua teman sejawat dan tiga mahasiswa (one-to-one). Kepraktisan bahan ajar terlihat dari hasil kegiatan small group. Berdasarkan hasil uji lapangan (field test), diperoleh bahwa penggunaan bahan ajar LAM berdasarkan teori APOS yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika khususnya konsep jumlah Riemann. Dari hasil uji coba, persentase pemahaman konsep di atas 61,00%. Ini menggambarkan semua indikator pemahaman konsep matematika mahasiswa dikatakan baik.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1-43 General
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Darmawijoyo Darmawijoyo
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:43
Last Modified: 21 Jun 2023 03:43
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/110014

Actions (login required)

View Item View Item