Darmawijoyo, Darmawijoyo (2023) MODEL FRACTION CIRCLE UNTUK MENDORONG PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN PECAHAN(plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)
Text (Wahyuni, R.S., Darmawijoyo, Hartono, Y. (2014). MODEL FRACTION CIRCLE UNTUK MENDORONG PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN PECAHAN. (Plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya.)
J46 turnitin.pdf - Other Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemahaman konsep siswa tentang operasi penjumlahan pecahan dengan model fraction circle melalui pembelajaran PMRI dan (2) mendeskripsikan lintasan belajar siswa dalam mempelajari konsep operasi penjumlahan pecahan menggunakan model fraction circle. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD N 146 Palembang. Metode penelitian ini adalah design research melalui tahap-tahap: preparing for the experiment, teaching experiment, dan retrospective analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model fraction circle membantu siswa memahami konsep operasi penjumlahan pecahan melalui pembelajaran PMRI. (2) Lintasan belajar yang digunakan siswa adalah menggunakan tahap informal ke tahap formal. Pada tahap informal, siswa menggunakan konteks kue manipulatif yang dipartisi menjadi beberapa bagian sama besar sehingga membentuk model fraction circle. Selanjutnya, siswa menyelesaikan masalah dengan menggunakan fraction circle sebagai model of menuju model for, yaitu membuat gambar fraction circle. Di tahap formal, siswa menyelesaikan operasi penjumlahan pecahan tanpa menggunakan model fraction circle.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA1-43 General #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Darmawijoyo Darmawijoyo |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 04:01 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 04:01 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/110054 |
Actions (login required)
View Item |