Artikel: Pelatihan Manajemen Budidaya Ikan Hias di UPR Mitra Mina Sejahtera, Indralaya Utara, Ogan Ilir

Jubaedah, Dade and Amin, Mohamad and Fitrani, Mirna and Yulisman, Yulisman and Mukti, Retno Cahya and Rarassari, Madyasta Anggana (2023) Artikel: Pelatihan Manajemen Budidaya Ikan Hias di UPR Mitra Mina Sejahtera, Indralaya Utara, Ogan Ilir. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5 (2). pp. 653-658. ISSN 2722-2934

[thumbnail of Pelatihan Manajemen Budidaya Ikan Hias di UPR Mitra Mina Sejahtera, Indralaya Utara, Ogan Ilir] Text (Pelatihan Manajemen Budidaya Ikan Hias di UPR Mitra Mina Sejahtera, Indralaya Utara, Ogan Ilir)
6810 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (36kB)

Abstract

Unit Pembenihan Rakyat (UPR) Mitra Mina Sejahtera berlokasi di Desa Tanjung Pering terdapat di Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, memiliki usaha budidaya ikan khususnya budidaya ikan hias. Permasalahan yang dialami oleh pembudidaya ikan hias di UPR ini adalah masih terbatasnya penguasaan teknologi budidaya sehingga kualitas dan kuantitas produksi ikan hias masih belum maksimal. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman pembudidaya tentang manajemen budidaya ikan hias di Desa Tanjung Pering, Kecamatan Indralaya Utara, Ogan Ilir. Kegiatan pengabdian dilakukan pada bulan Juni - Oktober 2022. Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan sosialisasi melalui pelatihan manajemen budidaya ikan hias dan dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan (demplot). Hasil yang diperoleh dari kegiatan PKM yang telah dilakukan yaitu meningkatnya pengetahuan masyarakat yang diperlihatkan dari hasil kuesioner yang diperoleh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan PKM di UPR Mitra Mina Sejahtera dikatakan berhasil.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54243-Aquaculture (S1)
Depositing User: Dr Dade Jubaedah
Date Deposited: 31 Jul 2023 08:12
Last Modified: 31 Jul 2023 08:12
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/110436

Actions (login required)

View Item View Item