Penerapan Marketing Mix melalui pemanfaatan pelayanan kesehatan di Poliklinik kebidanan dan kandungan Rumah Sakit AR Bunda Prabumulih

sari Putri, Prima and Fajar, Nur Alam and Misnaniarti, Misnaniarti (2011) Penerapan Marketing Mix melalui pemanfaatan pelayanan kesehatan di Poliklinik kebidanan dan kandungan Rumah Sakit AR Bunda Prabumulih. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 2 (1). pp. 54-61. ISSN 20866380

[thumbnail of Penerapan Marketing Mix di rumah sakit]
Preview
Text (Penerapan Marketing Mix di rumah sakit)
Penelitian_prima_sari_putri.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Dalam persaingan di dunia kesehatan khususnya dunia perumahsakitan diperlukan suatu strategi pemasaran yang baik. Suatu strategi pemasaran membutuhkan marketing mix sebagai alat untuk memenangkan persaingan dalam pelayanan kesehatan. Poliklinik Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit AR Bunda telah berusaha menerapkan seluruh unsur marketing mix secara optimal namun tidak diiringi dengan peningkatan jumlah kunjungan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan marketing mix di poliklinik kebidanan dan kandungan dalam mencapai target kunjungan pasien. Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan content analysis. Informan berjumlah sebelas orang ditambah satu orang informan ahli yang didapatkan dengan menggunakan teknik snowball sampling. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel place, promotion, physical evidence dan process belum diterapkan dengan baik. Sedangkan variabel price dan people sudah diterapkan dengan baik. Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa penerapan marketing mix di Poliklinik Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit AR Bunda Prabumulih belum baik. Disarankan bagi pihak humas Rumah Sakit Bunda untuk lebih mengoptimalkan upaya promosi di rumah sakit. Dengan cara lebih aktif lagi melakukan pendekatan dengan masyarakat melalui seminar-seminar yang dijadikan program rutin rumah sakit dan juga bagi pihak Rumah Sakit Bunda secara keseluruhan untuk lebih memperhatikan kondisi dari Rumah Sakit Bunda dalam hal kebersihan serta kelengkapan fasilitas penunjang. Kata kunci: Marketing mix, Pelayanan Kesehatan

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 10-Faculty of Public Health > 13201-Public Health (S1)
Depositing User: Dr. Misnaniarti Misnaniarti
Date Deposited: 18 Oct 2019 04:45
Last Modified: 15 Apr 2020 10:08
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/11064

Actions (login required)

View Item View Item