Pendidikan Indonesia di Era Awal Kemerdekaan Sampai Orde Lama (SIMILARITY)

Rihhadatul Aisy, Salsabiil and Hudaidah, Hudaidah (2023) Pendidikan Indonesia di Era Awal Kemerdekaan Sampai Orde Lama (SIMILARITY). TURNITIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA. (Submitted)

[thumbnail of Pendidikan Indonesia di Era Awal Kemerdekaan Sampai Orde Lama (SIMILARITY)] Text (Pendidikan Indonesia di Era Awal Kemerdekaan Sampai Orde Lama (SIMILARITY))
Pendidikan Indonesia di Era Awal Kemerdekaan Sampai Orde Lam.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pada artikel ini membahas pendidikan Indonesia pada era awal kemerdekaan sampai orde lama pada periode 1945-1966. Penelitian ini akan membahas sistem pendidikan di Indonesia pada masa awal kemerdekaan, arah kebijakan pendidikan, dan berbagai hambatan serta masalah yang timbul dalam sistem pendidikan di Indonesia. Dan juga disini akan menyajikan bagaimana perkembangan kurikulum dan sitem persekolahan pada awal kemerdekaan sampai berakhirnya Orde Lama. Pada penelitian ini menggunakan metode sejarah (metode historis) proses tahapannya yaitu: Heuristik, kritik (intern dan ekstern),interpretasi dan historiografi. Hasil dari penelitian ini yaitu membahas pendidikan di Indonesia pada era orde lama yang diminta bisa menentuka tujuan pada pendidikan Indonesia ke arah yang lebih maju dan juga jelas. Jika tujuan pendidikan di Indonesia sudah jelas maka pemerintah bisa mengarahkan kepada pencapaian strategi yang dibutuhkan .Setelah kemerdekaan pendidikan di Indonesia mengeluarkan kebijakan berasaskan pada pancasila dan UUD 1945,menurut pasal 31 UUD 1945 disini menjelaskan hal yang mengatur mengenai sistem pendidikan nasional. Dan diikuti oleh UU pada tahun-tahun selajutnya. Kata Kunci: Sistem, Pendidikan, Awal Kemerdekaan Sampai Orde Lama, Kurikulum.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Hudaidah Hudaidah
Date Deposited: 19 Jun 2023 23:43
Last Modified: 19 Jun 2023 23:43
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/111627

Actions (login required)

View Item View Item