Similarity result of Kolong pada Artefak Arsitektur Nusantara di Daerah Uluan Sumatera Bagian Selatan

Ibnu, Iwan Muraman and Ardiansyah, Ardiansyah and Dessa, Andriyali A (2023) Similarity result of Kolong pada Artefak Arsitektur Nusantara di Daerah Uluan Sumatera Bagian Selatan. Turnitin Universitas Swriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Similarity result of STRUKTUR KOLONG PADA ARTEFAK ARSITEKTUR NUSANTARA.pdf] Text
Similarity result of STRUKTUR KOLONG PADA ARTEFAK ARSITEKTUR NUSANTARA.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Sumatera bagian selatan memiliki keragaman artefak arsitektur nusantara yang tersebar di daerah Iliran dan Uluan, artefak ini berupa rumah dengan material kayu yang berbentuk panggung hasil adaptasi dengan kondisi lingkungan, iklim, dan budaya. Kolong menjadi satu bagian penting pada rumah panggung karena memiliki fungsi, wujud, dan struktur yang mempengaruhi fungsi dan bentuk rumah secara keseluruhan. Tulisan ini akan mengidentifikasi struktur dan konstruksi kolong dari 6 (enam) artefak arsitektur nusantara di 6 (enam) lokasi daerah uluan di Sumatera bagian selatan. Metode pengumpulan data meliputi studi kasus, kunjungan lapangan, wawancara dan artefak fisik, analisis data mengunakan metode explanation building dengan pengamatan untuk mengembangkan gambaran tentang fenomena. Temuan dari penelitian ini menunjukan sistem struktur pada artefak arsitektur nusantara daerah Uluan, Sumatera Selatan merupakan struktur tahan gempa dan bongkar pasang yang dapat menjadi inspirasi pengkinian pada bangunan kayu pasca bencana alam.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: arsitektur nusantara, kolong, uluan, Sumatera bagian selatan
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 23201-Architecture (S1)
Depositing User: ST.MT Iwan Muraman Ibnu
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:50
Last Modified: 20 Jun 2023 06:50
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/111961

Actions (login required)

View Item View Item