PENGEMBANGAN SOAL PEMECAHAN MASALAH BERBASIS ARGUMEN UNTUK SISWA KELAS V DI SD NEGERI 79 PALEMBANG(plagiarism)

Darmawijoyo, Darmawijoyo (2023) PENGEMBANGAN SOAL PEMECAHAN MASALAH BERBASIS ARGUMEN UNTUK SISWA KELAS V DI SD NEGERI 79 PALEMBANG(plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Hartatiana., Darmawijoyo. (2011) PENGEMBANGAN SOAL PEMECAHAN MASALAH BERBASIS ARGUMEN  UNTUK SISWA KELAS V DI SD NEGERI 79 PALEMBANG (Plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya.] Text (Hartatiana., Darmawijoyo. (2011) PENGEMBANGAN SOAL PEMECAHAN MASALAH BERBASIS ARGUMEN UNTUK SISWA KELAS V DI SD NEGERI 79 PALEMBANG (Plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya.)
j73 turnitin.pdf - Other
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal pemecahan masalah berbasis argumen yang valid dan praktis pada pokok bahasan pecahan, bangun datar dan bangun ruang untuk siswa kelas V SD serta untuk mengetahui efek potensial soal yang dikembangkan terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 79 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SD Negeri 79 Palembang sebanyak 35 orang. Pengumpulan data melalui walkthrough, lembar kepraktisan dan tes. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa penelitian ini telah menghasilkan produk soal pemecahan masalah berbasis argumen pada pokok bahasan pecahan, bangun datar dan bangun ruang untuk siswa kelas V SD yang valid dan praktis. Valid tergambar dari hasil penilaian validator, dimana semua validator menyatakan sudah baik berdasarkan konten, konstruk dan bahasa. Praktis tergambar dari hasil uji coba siswa kelompok kecil dimana sebagian besar siswa dapat menyelesaikan soal-soal yang diberikan, dan memiliki efek potensial yang cukup baik hal ini terlihat dengan munculnya argumen-argumen siswa dalam menyelesaikan soal tes, dan rata-rata dua kali tes mencapai 65,03 dengan kategori cukup baik. Artinya soal yang dikembangkan cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1-43 General
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Darmawijoyo Darmawijoyo
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:56
Last Modified: 21 Jun 2023 03:56
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/112441

Actions (login required)

View Item View Item