ANDRIAN, DEBY and Yani, Irsyadi (2018) ANALISIS TUMBUKAN PADA BAGIAN DEPAN UAV (UNMANNED AERIAL VEHICLE). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_21201_03051381419148_0025127104_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_21201_03051381419148_0025127104_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (705kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_21201_03051381419148_0025127104_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (193kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_21201_03051381419148_0025127104_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_21201_03051381419148_0025127104_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (184kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_21201_03051381419148_0025127104_06.ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (404kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_21201_03051381419148_0025127104_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
UAV (Unmanned Aerial Vehicle) adalah salah satu teknologi yang mengalami perkembangan pesat dan memiliki potensi yang besar di era modern ini.UAV merupakan pesawat tanpa awak atau pesawat nirawak (sebuah alat terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh secara otomatis). Pesawat bersayap tetap memanfaatkan prinsip Bernoulli, yaitu fluida yang bergerak lebih cepat memiliki tekanan yang lebih rendah dibandingkan dengan fluida yang bergerak lebih lambat. Dalam penggunaan UAV ini sering terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti jatuh dan membentur benda asing. Benturan ini disebut tumbukan, tumbukan adalah bertemunya dua benda solid yang bergerak yang menghasilkan gaya tekan pada kedua benda tersebut. Dalam penelitian kali ini penulis bertujuan untuk mengetahui nilai dari hasil analisis dan pengaruh yang terjadi pada bagian depan UAV saat terjadinya tumbukan dengan membentur plat besi. Teori benda jatuh bebas adalah jarak yang ditempuh oleh benda untuk mencapai permukaan selama selang waktu per detik dengan mendapatkan pengaruh percepatan gravitasi. Tegangan adalah besaran pengukuran intensitas gaya atau reaksi dalam yang timbul persatuan luas. Tegangan dibedakan menjadi dua yaitu, tegangan teknik dan tegangan nyata. Regangan didefinisikan sebagai perubahan ukuran atau bentuk material dari panjang awal sebagai hasil gaya tarik atau tekan pada material. Regangan dibedakan menjadi dua yaitu, regangan teknik dan regangan nyata. Deformasi atau perubahan bentuk terjadi apabila bahan dikenai gaya. Selama proses deformasi berlangsung bahan menyerap energi sebagai akibat adanya gaya yang bekerja, deformasi dibedakan menjadi dua yaitu, deformasi elastis dan deformasi plastis. Pengetahuan mengenai fenomena tumbukan atau benturan pada berbagai material memiliki manfaat yang sangat luas dalam berbagai rekayasa.Secara umum kekuatan tumbukan adalah ukuran bagi kekuatan dari suatu bahan ketika bahan tersebut patah akibat benturan yang terjadi secara tiba-tiba. Gaya dalam dan pembebanan, gaya dalam yang dimaksud adalah gaya yang terjadi didalam suatu elemen konstruksi. Gaya dalam ini sebagai akibat adanya pengaruh dari gaya dari luar yang bekerja. Gaya dalam diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu, gaya normal dan gaya tangensial. Pembebanan dikategorikan menjadi lima jenis yaitu, pembebanan tarik, pembebanan tekan, pembebanan bengkok, pembebanan geser dan pembebanan puntir. Dalam penelitian ini penulis menganalisa menggunakan perangkat lunak autodesk inventor 2018. Autodesk inventor merupakan sebuah program CAD (Computer Aided Design) dengan kemampuan pemodelan tiga dimensi solid untuk proses pembentukan objek prototype 3D secara visual. Penelitian dimulai dengan menentukan judul dan metode penelitian kemudian mencari data literatur baik dari internet/ilmiah maupun buku cetak. Selanjutnya adalah meyiapkan alat dan bahan untuk perlengkapan dalam penelitian ini, yang selanjutnya akan dilakukan proses desain UAV dengan menggunakan perangkat lunak autodesk. Kemudian langkah selanjutnya adalah simulasi hasil desain pada autodesk sebagai aplikasi desain dan analisa impak. Hasil dari uji impak pada autodeskakan didapat data yang spesifikasi, kemudian langkah berikutnya adalah proses pengumpulan data yang dihasilkan dapat digunakan untuk menyempurnakan proses penelitian selanjutnya.Dalam penelitian ini akan memprediksi hasil tumbukan pada bagian depan UAV dengan menggunakan Autodesk Inventor 2018. Hasil analisa pada penelitian ini akan mengetahui nilai tumbukan dari simulasi menggunakan perangkat lunak Autodesk Inventor 2018. Dari data yang diketahui panjang bagian depan UAV 350 mm dengan diameter 200 mm, tebal 20 mm, dan ukuran plat besi dengan panjang sisi 1000 mm dengan ketebalan 200 mm.material yang digunakan pada bagian depan UAV adalah ABS plastik dan Alumunium 6061 dan material pada plat besi adalah baja. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian dan pembahasan mengenai analisa tumbukan pada bagian depan UAV menggunakan perangkat lunak autodesk inventor 2018, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa material ABS plastik menerima tegangan lebih kecil dibadingkan dengan material Alumunium 6061. Maka dapat dilihat titik yang paling besar menerima tumbukan berada di bagian paling depan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Autodesk Inventor 2018, Analysis Impact, Analysis Stress, Fixed Wing |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ212-225 Control engineering systems. Automatic machinery (General) > TJ213.O28 Automatic control. Control theory. |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1) |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 09 Oct 2019 07:12 |
Last Modified: | 09 Oct 2019 07:12 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/11296 |
Actions (login required)
View Item |