ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA AUGMANTED REALITY PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD PLUS IGM PALEMBANG (Revisi Similarity)

Maharani, Siti Dewi (2023) ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA AUGMANTED REALITY PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD PLUS IGM PALEMBANG (Revisi Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Analisis kebutuhan Media augmanted Reality Pada Peserta Didik Kelas V SD Plus IGM Palembang.pdf] Text
Analisis kebutuhan Media augmanted Reality Pada Peserta Didik Kelas V SD Plus IGM Palembang.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Teknologi yang berkembang secara dinamis telah menjadi alat untuk mempercepat masyarakat dalam mencari informasi di seluruh dunia. Augmanted Reality merupakan langkah besar dalam inovasi teknologi yang menyediakan layanan yang menyenangkan serta memberikan pengalaman dengan estetika. Tujuan penelitian untuk mengetahui kebutuhan peserta didik pada media pembelajaran berbasis Augmanted Reality. Metode penelitian bersifat kuantitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas V di SD Plus IGM Palembang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner, menyangkut dua indikator dengan hasil indikator kebutuhan sarana dan kecenderungan gaya belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan perlu dikembangkan media pembelajaran berbasis Android dalam proses pembelajaran Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kebutuhan Media Augmanted Reality berbasis objek 3D di kelas V SD Plus LTI IGM. Manfaat dari penelitian ini diharapkan mampu mengetahui karakteristik dan kebutuhan peserta didik kelas V SD LTI IGM dalam pembelajaran materi system pencernaan. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed Method dengan pendekatan kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 67,2% peserta didik membutuhkan Media Pembelajaran yang interaktif dan digital untuk mensimulasikan objek yang akan di observasi dengan mengunakan Augmanted Reality. Kemudian 43% peserta didik belum memahami cara menulis teks laporan hasil observasi dan bahwa 100% guru membutuhkan sumber belajar interaktif dan untuk menguji efektifiitas meningkatkan hasil belajar peserta didik memperoleh dalam pelajaran tematik Kata Kunci: Augmated Reality, Sistem pencernaan, media

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Siti Dewi Maharani
Date Deposited: 25 Jun 2023 08:28
Last Modified: 25 Jun 2023 08:28
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/113368

Actions (login required)

View Item View Item