ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS ASPEK KOMPETENSI PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 21 PALEMBANG

ASTUTI, SRI and Wiyono, Ketang and Saparini, Saparini (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS ASPEK KOMPETENSI PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 21 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya university.

[thumbnail of RAMA_84203_06111281722044.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722044_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722044_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722044_0022057904_0205108601_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722044_0022057904_0205108601_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (360kB)
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722044_0022057904_0205108601_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722044_0022057904_0205108601_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (38kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722044_0022057904_0205108601_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722044_0022057904_0205108601_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (32kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722044_0022057904_0205108601_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722044_0022057904_0205108601_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (93kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722044_0022057904_0205108601_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722044_0022057904_0205108601_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722044_0022057904_0205108601_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722044_0022057904_0205108601_06_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (42kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722044_0022057904_0205108601_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722044_0022057904_0205108601_07_lamp.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan literasi sains adalah isu yang terus menjadi perhatian dalam dunia pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains aspek kompetensi siswa kelas IX SMP Negeri 21 Palembang. Pengukuran pada aspek kompetensi dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai kemampuan siswa dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep sains. Metode dalam penelitian ini yaitu metode deksriptif kuantitatif yang melibatkan 84 orang siswa dari kelas IX.1, IX.6, dan IX.8 sebagai sampel penelitian. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes berupa 20 butir soal pilihan ganda beralasan. Pengambilan data dilakukan secara luring dengan membagikan soal kepada maisng-masing siswa di sekolah. Hasil penelitian ini diperoleh siswa dengan kemampuan literasi sains yang tergolong sangat rendah sebanyak 94,05%, kategori rendah sebanyak 5,95%, kategori tinggi sebanyak 0%, dan kategori sangat tinggi sebanyak 0%. Pada masing-masing indikator aspek kompetensi juga diperoleh hasil yang tergolong sangat rendah yaitu menjelaskan fenomena ilmiah dengan persentase tertinggi sebesar 23,909%; mengevaluasi dan merancang pertanyaan ilmiah sebesar 18,25%; dan menafsirkan data dan bukti ilmiah sebesar 20,982%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa secara keseluruhan termasuk kategori sangat rendah. Dengan adanya perhatian yang lebih terhadap aspek kompetensi literasi sains melalui penelitian ini, diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi pengembangan kurikulum dan strategi pengajaran yang lebih efektif di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Literasi sains; aspek kompetensi, PISA
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Sri Astuti
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:01
Last Modified: 04 Jul 2023 02:01
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/113462

Actions (login required)

View Item View Item