Sosialisasi Pengenalan Paving Block dengan Campuran Cacahan Plastik Air Mineral di Masyarakat Gandus Palembang

Putri, Rizka Wulandari (2023) Sosialisasi Pengenalan Paving Block dengan Campuran Cacahan Plastik Air Mineral di Masyarakat Gandus Palembang. seminar avoer XIV, 15 (1). ISSN 2987-2480

[thumbnail of Sosialisasi Pengenalan Paving Block dengan Campuran Cacahan  Plastik Air Mineral di Masyarakat Gandus Palembang_Seminar Nasional AVOER XIV 2022] Text (Sosialisasi Pengenalan Paving Block dengan Campuran Cacahan Plastik Air Mineral di Masyarakat Gandus Palembang_Seminar Nasional AVOER XIV 2022)
1337-Article Text-6624-1-10-20230124.pdf - Published Version

Download (741kB)

Abstract

Plastik merupakan material yang sulit terurai atau terdegradasi dimana degradasi plastik ini dengan cara penimbunan dengan memakan waktu yang sangat lama, bahkan bisa memakan waktu puluhan hingga ratusan tahun. Di Indonesia hal tersebut menjadi suatu permasalahan yang sering terjadi di masyarakat bahkan akan terus meningkat seiring dengan pertambahan populasi penduduk. Penggunaan plastik yang terus meningkat seiring berjalan waktu, belakangan menimbulkan dampak pada peningkatan volume sampah plastik. Pada program pengabdian ini akan diberikan pelatihan dan pembimbingan kepada 10 masyarakat kawasan Gandus yang mayoritas sebagai pedagang untuk memanfaatkan sampah plastik menjadi campuran pada pembuatan paving block. Penggunaan sampah plastik dapat mengurangi rasio pasir yang digunakan dengan cara mensubstitusi pasir pada pembuatan paving block tersebut. Pembuatan paving block bersama dengan masyarakat agar dihasilkan produk inovasi paving block berbahan dasar campuran sampah plastik yang dapat digunakan oleh masyarakat.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Conference or Workshop
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 24201-Chemical Engineering (S1)
Depositing User: Rizka Wulandari Putri
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:46
Last Modified: 13 Jul 2023 02:46
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/116146

Actions (login required)

View Item View Item