ANALISIS TEGANGAN, REGANGAN DAN PERPINDAHAN BOOM CRAWLER CRANE KAPASITAS 275 TON MENGGUNAKAN AUTODESK INVENTOR PROFESSIONAL 2018

HIDAYATULLAH, KEMAS MUHAMMAD and Abidin, Zainal and Herlina, Weny (2018) ANALISIS TEGANGAN, REGANGAN DAN PERPINDAHAN BOOM CRAWLER CRANE KAPASITAS 275 TON MENGGUNAKAN AUTODESK INVENTOR PROFESSIONAL 2018. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_21201_03051281419077_ 0010095811_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_21201_03051281419077_ 0010095811_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_21201_03051281419077_ 0010095811_02.pdf] Text
RAMA_21201_03051281419077_ 0010095811_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051281419077_ 0010095811_03.pdf] Text
RAMA_21201_03051281419077_ 0010095811_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051281419077_ 0010095811_04.pdf] Text
RAMA_21201_03051281419077_ 0010095811_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (460kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051281419077_ 0010095811_05.pdf] Text
RAMA_21201_03051281419077_ 0010095811_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (31kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051281419077_ 0010095811_06.ref.pdf] Text
RAMA_21201_03051281419077_ 0010095811_06.ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051281419077_ 0010095811_07_lamp.pdf] Text
RAMA_21201_03051281419077_ 0010095811_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam bidang konstruksi dikenal suatu alat yang dinamakan crane. Crane sangat dibutuhkan untuk mengangkat serta memindahkan suatu benda dari satu tempat ke tempat lainnya. Salah satu komponen yang terdapat pada crane adalah boom dimana komponen ini merupakan lengan crane. Ada beberapa macam jenis crane antara lain tower crane, mobile crane, overhead crane, hidrolik crane dan crawler crane, crawler crane atau sering juga disebut crane beroda rantai, merupakan sebuah crane dengan crawler terdiri atas satu set track yang menempel pada link untuk bergerak atau berpindah dengan merayap. Crane ini mempunyai bagian atas yang dapat berputar 360°. Dengan roda rantai maka crane ini dapat bergerak didalam lokasi proyek saat beroprasi pada proses pengangkatan beban. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tegangan, regangan, dan perpindahan yang terjadi pada boom crawler crane Hitachi Sumitomo SCX2800-2 pada beban maksimum 275 ton dengan menggunakan metode elemen hingga. Konsep dasar metode elemen hingga adalah menyelesaikan suatu masalah dengan cara membagi obyek analisa menjadi bagian-bagian kecil yang terhingga. Pada penelitian ini pertama dilakukan pengumpulan data dari perusahaan untuk mendapatkan spesifikasi crawler crane yang dijadikan sebagai data input pada perangkat lunak komputer. Perangkat lunak komputer yang digunakan adalah autodesk inventor professional 2018. Setelah itu membuat permodelan 3D, kemudian input data dan parameter analisis boom crawler crane. Pada pengangkatan beban maksimum 275 ton panjang boom crawler crane yang dipakai yaitu 15,25 m dengan sudut angkat 80° dan radius kerja 4,3 m. Selanjutnya menentukan kondisi batas dan mengatur meshing seperti average element size, minimum element size, grading factor, dan maximum turn angle. Average Element Size digunakan untuk mengontrol rata-rata jarak antara mesh nodes. Nilai yang direkomendasikan adalah 0,100 sampai dengan 0,050. Pada simulasi ini peneliti menggunakan nilai 0,100. Minimum Element Size digunakan untuk mengontrol jarak minimum antara mesh node sebagai sebagian kecil dari rata-rata nilai ukuran. Meningkatkan Minimum Element Size akan menurunkan kerapatan dari elemen mesh begitu pula sebaliknya, menurukan nilai maka akan meningkatkan kerapatan dari elemen mesh. Nilai yang direkomendasikan adalah 0,100 sampai dengan 0,200. Minimum element size yang digunakan peneliti adalah 0,200. Grading Factor digunakan untuk mengatur rasio tepi mesh yang berdekatan dimana daerah mesh yang halus dan kasar bertemu. Semakin kecil faktor yang digunakan, maka mesh akan lebih seragam. Nilai yang dapat digunakan yaitu 1 sampai 10, tetapi nilai yang direkomendasikan adalah 1,500 sampai dengan 3,00. Peneliti menggunakan grading factor 1,500. Maximum Turn Angle digunakan untuk mengatur maksimum sudut mesh yang digunakan pada lengkungan. Nilai yang direkomendasikan adalah 30 dan 60 derajat. Peneliti menggunakan sudut maksimum sebesar 60 derajat. Setelah melakukan meshing didapat elemen berjumlah 114.192 buah dan nodes berjumlah 217.895 buah. Selanjutnya dilakukan simulasi dari data input dan parameter yang akan di cari yaitu tegangan, regangan, dan perpindahan. Dari hasil simulasi didapatlah nilai yaitu Von Mises stress maksimum 162,2 MPa yang terdapat pada komponen lifting mechanism hidrolik tidak melebihi yield strength 290 MPa, equivalent strain maksimum juga terdapat pada lifting mechanism hidrolik yang bermilai 7,483e-04, perpindahan (displacement) maksimum bernilai 13,66 mm terdapat pada ujung boom top section, safety factor analisis struktur 1,79 terdapat pada komponen lifting mechanism hidrolik. Safety factor masih di atas 1 oleh karena itu boom crawler crane aman terhadap beban yang di angkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Boom crawler crane, tegangan, regangan, perpindahan, simulasi, metode elemen hingga, autodesk inventor professional
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ212-225 Control engineering systems. Automatic machinery (General) > TJ213.O28 Automatic control. Control theory.
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 14 Oct 2019 08:57
Last Modified: 14 Oct 2019 08:58
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/11616

Actions (login required)

View Item View Item