ANALISIS KERUSAKAN BANTALAN AKIBAT KOROSI PADA MOTOR LISTRIK MENGGUNAKAN SENSOR GETARAN

PRATAMA, M YUDHA and Yani, Irsyadi (2018) ANALISIS KERUSAKAN BANTALAN AKIBAT KOROSI PADA MOTOR LISTRIK MENGGUNAKAN SENSOR GETARAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img]
Preview
Text
RAMA_21201_03051381320043_0025127104_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RAMA_21201_03051381320043_0025127104_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_21201_03051381320043_0025127104_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_21201_03051381320043_0025127104_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_21201_03051381320043_0025127104_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_21201_03051381320043_0025127104_06.ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_21201_03051381320043_0025127104_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Korosi merupakan penurunan material karena berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.Penyebab terjadinya korosi ada dua penyebab yaitu proses secara kimiawi dan proses perlakuan. Proses korosi secara kimiawi adalah proses ionisasi yang terjadi secara alamiah akibat adanya interaksi dengan udara, proses perlakuan adalah proses yang terjadi pada bantalan secara tidak terawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memahami kerusakan bantalan akibat korosi pada motor listrik dengan kondisi yang telah ditentukan melalui gelombang getaran dan menggunakan metode jaringan syaraf tiruan.. Penelitian ini dilakukan dengan merekam sinyal getaran bantalan pada motor listrik yang terkena korosi NaCl sebanyak 3% menggunakan program matlab, sensor getaran, dan arduino uno yang tersambung ke laptop. Adapun data-data yang diperlukan adalah frekuensi sinyal getaran dari bantalan baru dan bantalan yang terkorosi oleh NaCl sebanyak 3%. Analisa ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik untuk melihat adanya pengaruh variasi bantalan baru dan bantalan yang terkorosi NaCl 3% terhadap tujuan penelitian. Dari pengujian didapat nilai maksimum, minimum, rata-rata dari setiap bantalan uji yang menunjukkan batas deteksi nilai setiap pengujian masing-masing bantalan. Dari hasil pengujian di dapat presentasi deteksi kerusakan pada bantalan menggunakan identifikasi pada sumbu x bantalan belum terdeteksi kerusakan , presentasi kerusakan bantalan menggunakan identifikasi pada sumbu y apabila bantalan telah mencapai nilai korosi oleh NaCl sebanyak 3% selama10 hari bantalan telah mengalami kerusakan, presentasi yang signifikan terlihat pada identifikasi menggunakan sumbu z presentasi kerusakan bantalan terlihat jelas karena nilai kerusakan bantalan yang pertama terletak pada bantalan terkosroi Nacl sebanyak 3% selama 10 hari dan nilai kerusakan bantalan yang kedua terletak pada bantalan terkorosi NaCl sebanyak 3% selama 5 hari. Pada sumbu z lah cara yang lebih signifikan untuk mendeteksi kerusakan dari bantalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Korosi, Getaran, Bantalan, Program Matlab, Jaringan Syaraf Tiruan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ181-210 Mechanical movements
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ181-210 Mechanical movements > TJ184.B37 Gearing--Lubrication. Lubrication and lubricants. Tribology.
Divisions: Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Mr. Afrizal Aziz
Date Deposited: 15 Oct 2019 03:33
Last Modified: 15 Oct 2019 03:33
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/11672

Actions (login required)

View Item View Item