MAYASARI, SANTI and Slamet, Adeng and Susanti, Rahmi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 12 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_84205_06121809001_0011066004_012026701_01_FRONT_REF.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_84205_06121809001_0011066004_012026701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (559kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06121809001_0011066004_012026701_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (337kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06121809001_0011066004_012026701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (466kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06121809001_0011066004_012026701_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (145kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06121809001_0011066004_012026701_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (281kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06121809001_0011066004_012026701_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif pada materi Sistem Ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Palembang pada tahun ajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik penentuan sampel penelitian menggunakan Simple Random Sampling dan terpilih 2 kelas sebagai sampel, yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelompok eksperimen yang masing masing terdiri dari 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes tertulis, lembar observasi dan lembar angket. Analisis data hasil penelitian menggunakan program Statistical Program Social Science 23 (SPSS 23). Nilai rata-rata tes awal adalah 9,93 dan tes akhir 78,98 dengan nilai rata-rata gain sebesar 69,06. Hasil uji-t menggunakan independent-sample T test pada program SPSS 23 didapat bahwa nilai signifikansinya ialah 0,000 yang artinya nilai signifikansi <0,05 dengan taraf 5% (α = 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa model Reciprocal Teaching berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA SMA Negeri 12 Palembang. Kata Kunci : Reciprocal Teaching, Hasil Belajar, Materi Sistem Ekskresi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reciprocal Teaching, Hasil Belajar, Materi Sistem Ekskresi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1) |
Depositing User: | Users 2487 not found. |
Date Deposited: | 16 Oct 2019 09:02 |
Last Modified: | 16 Oct 2019 09:02 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/11830 |
Actions (login required)
View Item |