HARIRI, ADNAN and Arliansyah, Joni (2014) PENGARUH TTCD (TRAFFIC TIME COUNTING DISPLAY) TERHADAP PELANGGARAN LALU LINTAS PADA PERSIMPANGAN STUDI KASUS ANGKATAN 66 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_22201_03091001097.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (47MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03091001097_0015066702_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) |
|
Text
RAMA_22201_03091001097_0015066702_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03091001097_0015066702_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03091001097_0015066702_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (23MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03091001097_0015066702_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (947kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03091001097_0015066702_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (419kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03091001097_0015066702_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Simpang Angkatan 66 merupakan salah satu simpang dengan tingkat kesibukan yang tinggi, setiap harinya masyarakat Palembang melakukan rutinitas melewati ruas jalan tersebut. Tinggi nya arus kendaraan di daerah tersebut memicu banyaknya pelanggaran lalu lintas untuk mengejar waktu dan pelanggaran itu sendiri disebabkan oleh tingkat kedisiplinan pengendara yang masih rendah. Banyaknya pelanggaran lalu lintas yang terjadi ini akan menyebabkan masalah lainnya yaitu kemacetaan. Hal ini menjadi latar belakang mengapa penelitian terkait pelanggaran di persimpangan ini dilakukan, dengan tujuan mengurangi pelanggaran lalu lintas di persimpangan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan secara nonprobability sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang didapat dari pencatatan pelanggaran di lapangan,data sekunder dan data dari kuisioner. Tambahan instrumen Traffic Time Counter Display (TTCD) banyak dilakukan di beberapa lokasi simpang bersinyal. Tujuan penambahan instrumen ini adalah untuk memberikan informasi secara aktual kepada pengguna jalan mengenai waktu yang tersisa hingga lampu hijau atau lampu merah menyala. Salah satu harapan dari penambahan instrumen ini adalah terjadinya perubahan perilaku pengendara untuk menjadi lebih taat, sehingga bisa memperlancar arus lalu lintas kendaraan yang melewati mulut simpang sehingga lebih meningkatkan keselamatan dan kenyamanan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelanggaran per kendaraan terbesar dilakukan oleh sepeda motor. Kemudian jam puncak terjadinya pelanggaran lalu lintas di Simpang Angkatan 66 terjadi pada siang hari pukul 13:00-14:00 dan sore hari pukul 17:00-18:00. Perilaku pengemudi yang paling banyak melakukan pelanggaran di Simpang Angkatan 66 adalah pengemudi kendaraan yang melaju sebelum lampu hijau menyala.Faktor penyebab terjadinya pelanggaran meliputi : manajemen lalu lintas yang belum maksimal, regulasi di lapangan belum optimal, disiplin pemakai jalan, peningkatan pertumbuhan kendaraan bermotor, faktor penambahan lampu TTCD (traffic time counter display).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelanggaran lalu lintas, persimpangan bersinyal, lampu lalu lintas |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE280-295 Sidewalks. Footpaths. Flagging |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 03:52 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 03:52 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/118418 |
Actions (login required)
View Item |