PENDAMPINGAN PEMANFAATAN DOMPET DIGITAL GUNA MENINGKATKAN DAYA JUAL BAGI UMKM DI DESA MUARA PENIMBUNG ULU, OGAN ILIR

Saputri, Nyimas Dewi Murnila and Malinda, Shelfi and Listya, Anisa (2023) PENDAMPINGAN PEMANFAATAN DOMPET DIGITAL GUNA MENINGKATKAN DAYA JUAL BAGI UMKM DI DESA MUARA PENIMBUNG ULU, OGAN ILIR. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 7 (1). pp. 73-79. ISSN 2614 - 5778

[thumbnail of https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/11788] Text (https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/11788)
11788-44181-2-PB (2).pdf - Published Version

Download (331kB)

Abstract

Pendampingan pemanfaatan dompet digital dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di Desa Muara Penimbung Ulu, Ogan Ilir sebagai jawaban permasalahan kurangnya literasi penggunaan dompet digital sehingga penggunaan dan pemanfaatan dompet digital baik untuk penggunaan pribadi maupun untuk bisnis bagi pelaku usaha belum maksimal. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di masyarakat juga mendukung pemerintah dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi digital dengan memperluas jangkauan penggunaan dompet digital tersebut. Metode kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu penyuluhan dan pendampingan yang dilakukan secara offline di Desa Muara Penimbung Ulu, Ogan Ilir dengan peserta sebanyak 20 orang. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini diukur dengan keseluruhan peserta pengabdian masyarakat telah mengunduh dan membuat akun pada salah satu aplikasi dompet digital yang dicontohkan. Dari hasil survei monitoring dan evaluasi, diketahui pula bahwa sebanyak 86% dari 20 peserta telah mengetahui manfaat dompet digital dan mampu menggunakan aplikasi tersebut dengan baik. Dampak kedepan dalam jangka panjang yang diharapkan dari penggunaan dompet digital yaitu memberikan peluang bagi UMKM di Desa Muara Penimbung Ulu, Ogan Ilir untuk memanfaatkan dompet digital dalam bertransaksi sehingga dapat memperluas jangkauan pasar dan berujung pada peningkatan daya jual.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
Divisions: 01-Faculty of Economics > 61101-Management Business and Administration (S2)
Depositing User: Dr. Shelfi Malinda
Date Deposited: 18 Jul 2023 14:28
Last Modified: 18 Jul 2023 14:28
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/118646

Actions (login required)

View Item View Item