ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA MATERI ENERGI DAN MOMENTUM DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN ENERGY AND MOMENTUM CONCEPTUAL SURVEY (EMCS) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

SULASTRI, SULASTRI and Fathurohman, Apit and Ismet, Ismet (2018) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA MATERI ENERGI DAN MOMENTUM DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN ENERGY AND MOMENTUM CONCEPTUAL SURVEY (EMCS) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84203_06111381419045_0027067701_0006076803_01_font_ref. pdf.pdf]
Preview
Text
RAMA_84203_06111381419045_0027067701_0006076803_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (676kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84203_06111381419045_0027067701_0006076803_02. pdf.pdf] Text
RAMA_84203_06111381419045_0027067701_0006076803_02. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (253kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381419045_0027067701_0006076803_03. pdf.pdf] Text
RAMA_84203_06111381419045_0027067701_0006076803_03. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381419045_0027067701_0006076803_04. pdf.pdf] Text
RAMA_84203_06111381419045_0027067701_0006076803_04. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (526kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381419045_0027067701_0006076803_05. pdf.pdf] Text
RAMA_84203_06111381419045_0027067701_0006076803_05. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381419045_0027067701_0006076803_06_ref. pdf.pdf] Text
RAMA_84203_06111381419045_0027067701_0006076803_06_ref. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (117kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381419045_0027067701_0006076803_07_lamp. pdf.pdf] Text
RAMA_84203_06111381419045_0027067701_0006076803_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep, tingkat miskonsepsi, dan jenis miskonsepsi mahasiswa pada materi energi dan momentum. Penelitian dilakukan pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijawa dengan subjek penelitian 60 mahasiswa semester 6 angkatan 2015. Data dikumpulkan menggunakan instrumen Energi and Momentum Conceptual Survey (EMCS). Analisis data deskriptif kuantitatif digunakan untuk mencari persentase rata-rata pemahaman konsep mahasiswa. Hasil penelitian didapatkan 1) terdapat 9,2% mahasiswa paham konsep, 10,68% mahasiswa paham konsep sebagian, 3,8% mahasiswa paham konsep sebagian disertai miskonsepsi, 59,2% mahasiswa miskonsepsi utuh dan 16,58% mahasiswa tidak paham konsep, 2) mahasiswa mengalami miskonsepsi pada seluruh konsep yang diujikan yaitu 59,9% pada konsep energi, 60,40% pada konsep momentum, 57,02% pada konsep kerja. Implikasi penelitian, dosen perlu menganalisis pemahaman konsep mahasiswa dan memilih strategi pembelajaran perubahan konseptual yang cocok untuk meningkatkan pemahaman konsep dan meremediasi miskonsepsi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, miskonsepsi, energy, momentum.
Subjects: Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 18 Oct 2019 07:54
Last Modified: 18 Oct 2019 07:54
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/12073

Actions (login required)

View Item View Item