Pemanfaatan Sumberdaya Hayati Secara Lestari Dalam Perspektif Konservasi Biodiversitas: Prinsip Yang Melandasinya

Patriono, Enggar (2013) Pemanfaatan Sumberdaya Hayati Secara Lestari Dalam Perspektif Konservasi Biodiversitas: Prinsip Yang Melandasinya. In: Seminar Kenaikan Jabatan Fungsional dari Lektor ke Lektor Kepala, 27 Februari 2013, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sriwijaya, Inderalaya.

[thumbnail of Makalah Terdokumentasi di Perpustakaan FMIPA Unsri.] Text (Makalah Terdokumentasi di Perpustakaan FMIPA Unsri.)
2-14_Pemanfaatan_SDH_Secara_Lestari-2013_-_Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[thumbnail of Makalah Terdokumentasi di Perpustakaan FMIPA Unsri.] Text (Makalah Terdokumentasi di Perpustakaan FMIPA Unsri.)
2-14_Pemanfaatan_SDH_Secara_Lestari-2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan sumberdaya hayati (SDH) secara lestari pada dasarnya merupakan upaya pengendalian dan pembatasan dalam pemanfaatan biodiversitas serta keberlanjutannya, sehingga manfaatnya dapat dikelola secara terus-menerus. Penerapan prinsip-prinsip biologi konservasi sebagai landasan teoretis dalam pemanfaatan SDH secara lestari menjadi sangat menarik dan tetap relevan untuk dikaji pada masa sekarang dan masa yang akan datang. Konservasi SDH menjadi solusi yang tidak bisa ditawar-tawar untuk tujuan penyelamatan biodiversitas yang terancam punah. Namun yang lebih penting adalah pemahaman bagaimana prinsip-prinsip biologi konservasi berperan dalam pemanfaatan SDH secara lestari, mengingat biologi konservasi merupakan multi disiplin yang meliputi seluruh variabel pemanfaatan SDH secara lestari yaitu ekologi, ekonomi, dan manusia. Prinsip-prinsip biologi konservasi yang penting adalah prinsip perubahan evolusioner, prinsip ekologi dinamika, dan prinsip kehadiran manusia. Pemanfaatan SDH secara lestari dalam perspektif konservasi biodiversitas dianggap sebagai cara konservasi biodiversitas yang ideal, dan aktivitas konservasi biodiversitas seharusnya berlandaskan prinsip-prinsip biologi konservasi sebagai landasan teoretisnya. Prinsip-prinsip biologi konservasi menjadi sangat mendesak untuk dikembangkan dan selanjutnya diterapkan, mengingat spesies-spesies satwa liar bernilai ekonomi tinggi tetap menjadi sasaran pelaku ekonomi (manusia) untuk mengejar keuntungan ekonomi yang cenderung tanpa memperhatikan kelestariannya secara ekologi. Prinsip-prinsip biologi konservasi sebaiknya melandasi setiap upaya pemanfaatan SDH secara lestari dalam perspektif konservasi biodiversitas di setiap bentang alam

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords: biodiversitas, pemanfaatan, lestari, prinsip, konservasi
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany > QK1-989 Botany
Q Science > QL Zoology > QL1-991 Zoology
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Enggar Patriono
Date Deposited: 21 Oct 2019 04:15
Last Modified: 21 Oct 2019 04:15
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/12114

Actions (login required)

View Item View Item