PUSPITASARI, TARA and Madang, Kodri (2023) PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DALAM MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SIRKULASI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84205_06091281924028.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06091281924028_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06091281924028_0008016901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_84205_06091281924028_0008016901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (364kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06091281924028_0008016901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (735kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06091281924028_0008016901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (972kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06091281924028_0008016901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (213kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06091281924028_0008016901_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (448kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06091281924028_0008016901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lembar kerja peserta didik dalam Model Learning Cycle 7E terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI SMA pada materi sistem sirkulasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Lahat. Penelitian menggunakan Quasi Eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design dengan teknik sampling menggunakan teknik Purposive Sampling terhadap tiga kelas yang setara. Ketiga kelas sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 (n=37, kelas LC7E + LKPD LC7E), XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 2 (n=36, kelas LC7E + LKPD konvensional), dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol (n=37, kelas tradisional). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes tertulis (pretest & posttest) berupa soal pilihan ganda berbasis HOTs sebanyak 10 soal, lembar angket berskala likert sebanyak 15 item, dan lembar observasi. Instrumen penelitian telah dilakukan validasi oleh ahli dan teruji reabilitasnya (r = 0,705). Data dianalisis dengan uji ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dengan nilai tertinggi pada kelas eksperimen 1 yaitu nilai gain 39,18 dan n-gain 0,75 dengan kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 dan Effect Size sebesar 0,592 dengan kategori besar. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan lembar kerja peserta didik dalam Model Learning Cycle 7E berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Lahat tahun ajaran 2022/2023 pada materi sistem sirkulasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik, Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Sistem Sirkulasi Manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1) |
Depositing User: | Tara Puspitasari |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 06:26 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 06:26 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/122131 |
Actions (login required)
View Item |