PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-MODUL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI SMA

MURTININGRUM, DIAN and Madang, Kodri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-MODUL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84205_06091281924027.pdf] Text
RAMA_84205_06091281924027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091281924027_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84205_06091281924027_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091281924027_0008016901_front_ref.pdf] Text
RAMA_84205_06091281924027_0008016901_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_84205_06091281924027_0008016901_02.pdf] Text
RAMA_84205_06091281924027_0008016901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (421kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091281924027_0008016901_03.pdf] Text
RAMA_84205_06091281924027_0008016901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091281924027_0008016901_04.pdf] Text
RAMA_84205_06091281924027_0008016901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091281924027_0008016901_05.pdf] Text
RAMA_84205_06091281924027_0008016901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091281924027_0008016901_06_ref.pdf] Text
RAMA_84205_06091281924027_0008016901_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091281924027_0008016901_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84205_06091281924027_0008016901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-Modul terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan kelas XI SMA. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, terhadap tiga kelas yang memiliki nilai ulangan harian yang sama yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 (n = 32, kelas PBL + e-modul), XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 (n = 31, kelas PBL) dan XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol (n = 32, kelas tradisonal/konvensional). Instrumen hasil belajar adalah tes pilihan ganda sebanyak dua puluh soal dengan lima alternatif jawaban. Instrumen motivasi belajar adalah angket berskala Likert sebanyak 25 pernyataan. Kedua instrumen telah dilakukan validasi oleh ahli dan teruji reliabilitasnya (r=0,77). Uji hipotesis menggunakan uji Analysis of Covariance (ANCOVA) pada program SPSS versi 26.0. dan analisis proses belajar menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan kelas PBL berbantuan E-Modul berpengaruh nyata terhadap motivasi dan hasil belajar pada materi sistem pencernaan kelas XI SMA. Proses pembelajaran pada kelas PBL berbantuan e-modul (N-Gain = 0,75, tinggi), kelas PBL (N-Gain = 0,60, sedang) dan kelas tradisonal (N-Gain = 0,45, sedang). Uji hipotesis berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (sig. 0,000) dan effect size (0,514) kategori besar. N-Gain motivasi belajar kelas PBL berbantuan e-modul (N-Gain = 0,66, sedang), kelas PBL (N-Gain = 0,50, sedang) dan kelas tradisional (N-Gain = 0,28, rendah). Uji hipotesis berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar (sig. 0,000) dan effect size (0,701) kategori besar. Kata – Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), E-Modul, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), E-Modul, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dian Murtiningrum
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:13
Last Modified: 26 Jul 2023 06:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/122133

Actions (login required)

View Item View Item