PENGARUH METODE SUGGESTOPEDIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG

IRMAWATI, DEVI and Nurhayati, Nurhayati and Nurbaya, Nurbaya (2018) PENGARUH METODE SUGGESTOPEDIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img]
Preview
Text
RAMA_88201_06021381419059_0018076202_0015085406_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (975kB) | Preview
[img] Text
RAMA_88201_06021381419059_0018076202_0015085406_02. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_88201_06021381419059_0018076202_0015085406_03. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_88201_06021381419059_0018076202_0015085406_04. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_88201_06021381419059_0018076202_0015085406_05. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_88201_06021381419059_0018076202_0015085406_06_ref. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (228kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode suggestopedia terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Srijaya Negara Palembang. Dalam penelitian ini metode yang dipakai yaitu eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIA 1 yang berjumlah 34 siswa. dan X IIS 1 yang berjumlah 35 siswa, kelas eksperimen dengan perlakuan menggunakan metode suggestopedia dan kelas kontrol dengan perlakuan menggunakan metode konvensional.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, sedangkan teknik pengolahan data menggunakan uji-t dengan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen sebesar 55,26 dan nilai tes akhir sebesar 78,26. Sedangkan hasil tes awal kelas kontrol sebesar 53,83 dan nilai tes akhir sebesar 69,49 hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 23,00 pada kelas eksperimen dan peningkatan sebesar 15,66 pada kelas kontrol. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa t (hitung) = 5,918 > t (tabel) 1,996 dengan df67 pada tingkat signifikan 95% (α=0,025). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Srijaya Negara Palembang. Dengan demikian, Ha berbunyi “Ada perbedaan antara keterampilan siswa yang diajar dengan metode suggestopedia dan siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran menulis puisi (µ1≠µ2)”diterima. Dapat disimpulkan bahwa metode suggestopedia lebih berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Srijaya Negara Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Metode Suggestopedia, Menulis Puisi
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010-1525 Poetry
Divisions: Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 22 Oct 2019 03:15
Last Modified: 22 Oct 2019 03:15
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/12394

Actions (login required)

View Item View Item