Marcella, Sumarsih and Retno, Susanti (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PPKn KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4 (4). pp. 329-426. ISSN 2615-8787
Text (Jurnal_PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PPKn KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA)
(Nov'21)-Artikel Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Sinta 4_Suster Sumarsih.pdf - Published Version Download (242kB) |
Abstract
Pengembangan yang bertujuan menghasilkan software multimedia yang valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian dilaksanakan di SMP Xaverius 6 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengambangan Hannafin & Peck yang telah dimodifikasi. Terdapat tiga tahapan dalam model pengembangan Hannafin & Peck yaitu analisis kebutuhan, desain, serta pengembangan dan implementasi, dan setiap tahapnya disertai dengan evaluasi dan revisi. Multimedia yang dikembangkan dilakukan pengujian oleh ahli untuk mendapatkan hasil validas terhadap materi, desain, dan media. Validasi multimedia pembelajaran oleh ahli desain pembelajaran, ahli materi dan ahli media dengan hasil rata-rata 84,20% terkategori sangat valid. Multimedia pembelajaran PPKn dinyatakan praktis setelah dilakukan evaluasi formatif kedua dengan rerata 82,52% dengan kategori sangat praktis. Dilihat dari 90,6% peserta didik dapat mencapai KKM dengan nilai rerata N-gain yaitu 0,56 dengan kriteria sedang Multimedia pembelajaran PPKn dinyatakan efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Xaverius 6 Palembang. Kesimpulan bahwa multimedia pembelajaran PPKn dengan aplikasi Canva valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Keyword: Pengembangan, Multimedia Pembelajaran, PPKn
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1) |
Depositing User: | L.R. Retno Susanti |
Date Deposited: | 17 Sep 2023 11:40 |
Last Modified: | 17 Sep 2023 11:40 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/125462 |
Actions (login required)
View Item |