WULANDARI, RIKA and Arliansyah, Joni (2006) PEMBUATAN MODEL PENURUNAN KONDISI PERKERASAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SYARAF BUATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_22201_03013110092.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (52MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110092_0015066702_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) |
|
Text
RAMA_22201_03013110092_0015066702_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110092_0015066702_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110092_0015066702_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110092_0015066702_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (705kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110092_0015066702_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (400kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110092_0015066702_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (23MB) | Request a copy |
Abstract
Model penurunan kondisi perkerasan jalan merupakan model yang digunakan untuk memprediksi ketahanan perkerasan jalan dimasa yang akan datang. Selama ini, untuk memprediksi penurunan kondisi perkerasan jalan biasa digunakan metode regresi. Dalam Tugas Akhir ini, untuk memprediksi penurunan perkerasan jalan penulis mencoba menggunakan penerapan model penurunan kondisi perkerasan jalan dengan menggunakan Artificial Inteligence, dimana salah satu metodenya adalah metode jaringan syaraf buatan (JSB) berbasis back propagation. JSB merupakan suatu sistem pengolah informasi yang mempunyai kemiripan dengan sistem kerja jaringan otak manusia. Arsitektur JSB terdiri dari lapisan masukan (input layer), lapisan keluaran (output layer), serta beberapa lapisan tersembunyi (ihidden layer). Pada Tugas Akhir ini, penulis menggunakan dua buah data yaitu data Pavement Family A Tipe 1 Dan Data Pavement Family B Tipe 3. Data pavement family A tipe 1 menggunakan 3 unit input layer (nilai kondisi jalan, umur jalan, dan interval nilai kondisi), 2 unit hidden layer dan 1 output layer. Sedangkan data pavement family B tipe 3 menggunakan 2 unit input layer (nilai kondisi jalan dan interval umur jalan), 3 unit hidden layer dan 1 output layer. Bobot (weight) dihasilkan melalui proses randomisasi. Dari hasil proses tersebut didapat koefisien determinasi (R2). Berdasarkan Data Pavement A type 1 diperoleh R2 = 0.7651 (JSB) dan R2 = 0.7535 (regresi). Sedangkan untuk data pavement family B tipe 3 diperoleh R2 = 0.8031 (JSB) dan 0.7539 (regresi). Berdasarkan identifikasi dan pengujian jaringan syaraf buatan dari kedua data tersebut, didapatkan suatu kesimpulan bahwa koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan dengan metode JSB hasilnya lebih baik dibandingkan koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan dengan metode analisa regresi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkerasan jalan, metode jaringan syaraf buatan |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE1-450 Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 07:48 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 07:48 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/125640 |
Actions (login required)
View Item |