Mardius, Putri Rahmi (2023) Eco-label, kepedulian lingkungan, dan perilaku pembelian hijau: Sebuah sudut pandang Generasi Z tentang semen ramah lingkungan. Eco-label, kepedulian lingkungan, dan perilaku pembelian hijau: Sebuah sudut pandang Generasi Z tentang semen ramah lingkungan, 22 (2). pp. 121-236. ISSN ISSN 1411-9293 | e-ISSN 2579-4094.
Text (Jurnal sebagai syarat kelulusan S2 UNSRI)
6363 - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (49kB) |
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh label ramah lingkungan terhadap green purchase behavior (GPB) yang dimediasi oleh kepedulian lingkungan. Selain itu, pengujian dampak ini didasarkan pada persepsi 411 orang dari Generasi Z yang menjadi sampel, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Selanjutnya, tanggapan mereka diperoleh oleh survei yang menyebarkan kuesioner dan dianalisis oleh model persamaan struktural berdasarkan kuadrat terkecil parsial. Setelah menguji hipotesis, penelitian ini menunjukkan pengaruh positif dari label ramah lingkungan terhadap GPB dan kepedulian lingkungan. Tanda positif ini juga terdapat pada hubungan antara kepedulian lingkungan dan GPB. Oleh karena itu, efek mediasi dari label ramah lingkungan terbukti. Berdasarkan bukti ini, pemasar yang menetapkan Generasi Z sebagai sasaran mereka harus mempromosikan barang-barang mereka yaitu semen berdasarkan label ramah lingkungan, dan menempatkan produk mereka di lokasi yang mudah diidentifikasi. Kata kunci: eco-friendly cement; environmental concern; Generation Z; green purchase behavior
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801-843 Consumption. Demand |
Divisions: | 01-Faculty of Economics > 61102-Management (S2) |
Depositing User: | Putri Rahmi Mardius |
Date Deposited: | 17 Sep 2023 15:31 |
Last Modified: | 17 Sep 2023 15:31 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/125643 |
Actions (login required)
View Item |