Penertiban Tanah Terlantar Dalam Rangka Penatagunaan Dan Pemanfaatan Tanah

Iza, Rumesten RS and Muntaqo, Firman (2022) Penertiban Tanah Terlantar Dalam Rangka Penatagunaan Dan Pemanfaatan Tanah. Fakultas Hukum, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of turnitin repertorium mei 2022.pdf] Text
turnitin repertorium mei 2022.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Salah satu asas hukum pertanahan menyebutkan bahwa tanah pertanian seharusnya dikerjakan atau diusahakan secara aktif oleh pemilinya sendiri. Namun, saat ini masih ada orang yang tidak dapat memanfaatkan tanahnya secara maksimal karena dijadikan sebagai objek investasi sehingga lahir kesan bahwa tanahnya ditelantarkan. Penelantaran tanah merupakan tindakan yang tidak bijaksana, tidak ekonomis dan tidak berkeadilan serta merupakan pelanggaran terhadap kewajiban yang harus dijalankan para pemegang hak yang telah memperoleh dasar penguasaan tanah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan kajian mekanisme dan pelaksanaan penetapan hak atas tanah akibat tanah terlantar berdasarkan pada peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2010 tentang Penertiban dan Pendayagunaan Tanah Terlantar serta faktor-faktor yang menjadi penyebab penelantaran tanah hak milik. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan metode analaisis yuridis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dismipulkan bahwa mekanisme dan pelaksanaan penetapan hak atas tanah akibat tanh terlantar menurt Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2010 tenang Penertiban dan Pendayagunaan Tanah Terlantar adalah dengan empat tahapan, yaitu inventarisasi tanah, identifikasi tanah, peringatan terhadap pemegang hak dan penetpan tanah terlantar. Akbat hukum penetapan hak atas tanah terlantar bagi pemilik hak atas tanah yaitu adanya pemutusan hubungan hukum antara subjek pemegang hak atas tanah dengan objek tanah, kemudian tanah tersebut dikuasai kembali oleh negara.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Penertiban; Penatagunaan; Pemanfaatan; Tanah Terlantar
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Dr.SH.MHum Iza Rumesten RS
Date Deposited: 05 Aug 2023 02:57
Last Modified: 05 Aug 2023 02:57
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/126008

Actions (login required)

View Item View Item