PUTRA, HARRY ADE and Dewi, Ratna and Pataras, Mirka (2014) KINERJA CAMPURAN ASPAL LATASTON HRS BASE DENGAN VARIASI BAHAN FILLER DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARSHALL. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_22201_03101401075.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (54MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03101401075_0015067401_0001128107_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) |
|
Text
RAMA_22201_03101401075_0015067401_0001128107_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03101401075_0015067401_0001128107_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03101401075_0015067401_0001128107_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03101401075_0015067401_0001128107_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (532kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03101401075_0015067401_0001128107_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (772kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03101401075_0015067401_0001128107_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
Semakin besar volume lalulintas menyebabkan semakin besarnya potensi kerusakan jalan yang diakibatkan oleh beban yang berlebihan. Oleh karena itu digunakan alternatif lain untuk menggantikan filler pada campuran perkerasan aspal dengan menggunakan bahan filler lain yang dapat diperoleh dengan mudah. Pada penelitian ini digunakan abu ampas tebu, kulit kerang, batubara dan semen sebagai bahan pengisi campuran beraspal, yaitu dalam campuran lapisan Iataston base. Lataston adalah lapisan tipis aspal beton yang merupakan lapis permukaan pada perkerasan lentur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik campuran lataston base dengan variasi filler semen, abu ampas tebu, batubara dan kulit kerang dengan metode marshall test yang telah dibuat apakah sesuai dengan spesifikasi bina marga dan mengetahui perbedaan campuran lataston base dengan campuran filler yang diuji dan menentukan campuran yg optimal. Semua campuran diuji sesuai dengan model marshall. Dalam penelitian ini dibuat 60 benda uji, yaitu terdiri dari 5 rentang kadar aspal (6,5%, 7%, 7,5%, 8% dan 8,5%) terhadap berat total campuran, terdiri dari 15 benda uji normal dan 15 benda uji untuk setiap jenis filler yang lainnya. ! Berdasarkan hasil analisa dengan Marshall test, maka gradasi agregat untuk campuran Lataston Base campuran semen, abu ampas tebu, kulit kerang dan batubara sebagai filler didapat nilai kadar aspal yang memenuhi semua parameter. Dari penelitian yang dilakukan didapat campuran dengan filler batubara yang membutuhkan kadar aspal paling sedikit sehingga lebih ekonomis dibandingkan dengan campuran filler lain. Kadar aspal optimum yang didapatkan telah di analisis dan digambarkan dalam diagram batang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Campuran aspal lataston, bahan filler |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE1-450 Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 04:02 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 04:02 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/126703 |
Actions (login required)
View Item |