APRIANTI, TITIN and Buchari, Erika (2012) RENCANA AKSI MITIGASI EMISI C02 DENGAN MODEL MODAL SPLIT PADA RUAS JALAN PALEMBANG – INDERALAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_22201_03081001077.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (54MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03081001077_0030106009_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) |
|
Text
RAMA_22201_03081001077_0030106009_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03081001077_0030106009_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03081001077_0030106009_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (54MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03081001077_0030106009_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (54MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03081001077_0030106009_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (744kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03081001077_0030106009_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Ruas jalan Palembang - Inderalaya merupakan salah satu ruas jalan arteri yang banyak dilewati berbagai jenis kendaraan baik itu angkutan pribadi, angkutan penumpang ataupun angkutan barang. Semakin banyak kendaraan bermotor yang melewati jalan Palembang - Inderalaya tersebut menyebabkan semakin banyak pula emisi CO2 yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor tersebut. Untuk menekan atau mengurangi jumlah emisi CO2 akibat transportasi ini dapat dilakukan langkah-langkah antara lain dengan peralihan penggunaan kendaraan pribadi seperti mobil ke moda angkutan umum seperti bus. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah memperkirakan jumlah emisi CO2 hingga tahun 2020 dan memitigasi emisi CO2 tersebut dengan model pemilihan moda (modal split). Perhitungan emisi CO2 dilakukan dengan metode analisis dekomposisi kaya atau yang biasa disebut metode kaya. Perhitungan metode ini berdasarkan pada jumlah dan jenis kendaraan yang dikelompokan berdasarkan jenis bahan bakar yang digunakan, fuel economy, serta jumlah penumpang dalam kendaraan. Dari hasil penelitian ini didapat nilai emisi CO2 pada ruas jalan Palembang — Inderalaya pada tahun 2012 mencapai 406.265,55 ton. Sedangkan jika dilakukan mitigasi dengan model modal split, nilai emisi CO2 adalah sebesar 404.949,32 ton. Sehingga penurunan emisi C02 mencapai 1.316,23 ton. Pada tahun 2020 diprediksikan nilai emisi CO2 pada ruas jalan Palembang — Inderalaya mencapai 600.239,25 ton. Sedangkan jika dilakukan mitigasi dengan model modal split nilai emisi CO2 sebesar 595.329,699 ton dengan penurunan emisi CO2 sebesar 4.909,55 ton. Kata Kunci: Emisi CO2, Analisis Dekomposisi Kaya, Modal Split, Mitigasi Emisi C02.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Emisi CO2, Analisis Dekomposisi Kaya, Modal Split, Mitigasi Emisi C02. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) > Q1-295 General T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA170-171 Environmental engineering |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 07:58 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 07:58 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/127167 |
Actions (login required)
View Item |