KAJIAN KAPASITAS ANGKUTAN SEDIMEN PADA SUNGAI KELEKAR PRABUMULIH

ANDINI, IIT and Hakki, Helmi (2005) KAJIAN KAPASITAS ANGKUTAN SEDIMEN PADA SUNGAI KELEKAR PRABUMULIH. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03003110090.pdf] Text
RAMA_22201_03003110090.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (58MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110090_0003076103_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03003110090_0003076103_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03003110090_0003076103_02.pdf] Text
RAMA_22201_03003110090_0003076103_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110090_0003076103_03.pdf] Text
RAMA_22201_03003110090_0003076103_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110090_0003076103_04.pdf] Text
RAMA_22201_03003110090_0003076103_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110090_0003076103_05.pdf] Text
RAMA_22201_03003110090_0003076103_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (418kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110090_0003076103_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03003110090_0003076103_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110090_0003076103_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03003110090_0003076103_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (25MB) | Request a copy

Abstract

Selama ini, penelitian mengenai angkutan sedimen tidak terlalu diperhatikan, semua itu dikarenakan peristiwa angkutan sedimen hanya dianggap sebagai fenomena yang hanya terjadi akibat alam dan hanya berpengaruh terhadap alam. Padahal apabila ditilik lebih lanjut, proses angkutan sedimen ini akan mempunyai dampak yang besar bagi kehidupan manusia. Angkutan sedimen erat kaitannya dengan proses sedimentasi. Sedimentasi merupakan point penting yang harus diperhatikan dalam perbaikan dan pengaturan sungai. Terjadinya pengendapan akibat terbawanya sedimen kehilir sungai secara terusdan berlebihan akan menyebabkan pendangkalan serta perubahan alur sungai. Alur sungai yang stabil dapat dicapai apabila kapasitas atau konsentrasi muatan sedimen yang masuk ke alur sungai seimbang dengan kapasitas atau konsentrasi muatan sedimen yang keluar di muara sungai. Dalam tugas akhir ini, penulis tidak membahas masalah sosial yang terjadi akibat proses pengangkutan sedimen, melainkan proses dan mekanisme teknis dari proses pengangkutan sedimen itu. Penulis mencoba melakukan analisa terhadap 7 (tujuh) metode perhitungan angkutan sedimen yang kemudian akan dilakukan perbandingan terhadap debit angkutan sedimen yang didapat dilapangan yaitu pada ruas Sungai Kelekar yang terletak di kecamatan Prabumulih Penulis mensubstitusikan beberapa data yang diperoleh dari lapangan dan yang diperoleh dari pengujian di laboratorium kedalam 7 (tujuh) metode perhitungan yaitu : metode Englund dan Hansen, Ackers dan White, Yang, Shen dan Hung, Colby, Bagnold, dan metode Laursen. Hasil dari perhitungan ini kemudian dibandingkan dengan data debit angkutan sedimen yang didapat dari instansi yang terkait dan dinyatakan dalam persen. Dari hasil penelitian disimpulkan, bahwa persamaan yang mendekati kondisi lapangan pada Sungai Kelekar Prabumulih adalah metode Ackers dan White untuk lokasi I dengan persentase perbedaan 69,91864 %, dan metode Bagnold untuk lokasi II dengan persentase perbedaan 23.16499 %. Kata kunci : kapasitas angkutan, sedimen, alur sungai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kapasitas angkutan, sedimen, alur sungai
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001-1280 Transportation engineering
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:02
Last Modified: 18 Aug 2023 09:02
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/127450

Actions (login required)

View Item View Item