KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL DENGAN LIMBAH KARET BAN LUAR 5% DAN 10% SERTA FLY ASH 5% SEBAGAI BAHAN ALTERNATIF PERKERASAN JALAN

NANDA, YENGKI FEBRI and Oemar, Bakrie (2006) KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL DENGAN LIMBAH KARET BAN LUAR 5% DAN 10% SERTA FLY ASH 5% SEBAGAI BAHAN ALTERNATIF PERKERASAN JALAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03013110071.pdf] Text
RAMA_22201_03013110071.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03013110071_9900983165_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03013110071_9900983165_01_front_ref.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03013110071_9900983165_02.pdf] Text
RAMA_22201_03013110071_9900983165_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03013110071_9900983165_03.pdf] Text
RAMA_22201_03013110071_9900983165_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03013110071_9900983165_04.pdf] Text
RAMA_22201_03013110071_9900983165_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03013110071_9900983165_05.pdf] Text
RAMA_22201_03013110071_9900983165_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03013110071_9900983165_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03013110071_9900983165_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (441kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03013110071_9900983165_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03013110071_9900983165_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (24MB) | Request a copy

Abstract

Berkembangnya suatu daerah tak luput dari pentingnya peranan jalan sebagai transportasi lalulintas, sehingga kita perlu mengkaji dan meneliti untuk ketahanan perkeraan jalan aspal agar dapat menahan beban lalu lintas. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas perkerasan jalan aspal adalah dari absorbsi aspal terhadap campurannya, kadar aspal yang efektif, gradasi agregat, rongga udara dalam campuran (VIM) dan rongga antar butir agregat (VMA). Hasil yang didapat dari pengujian campuran agregat karet ban luar 5% sebagai pengganti sebagian dtusl dan 10% serta fl'y ash 5% dengan aspal melalui Marshall Test menunjukkan campuran secara umum belum memenuhi spesifikasi lapisan Asphalt Treated Base, namun parameter Marshall mengalami kenaikan yaitu pada nilai stabilitas, flow dan VFA. Nilai Marshall Quotient, VIM, VMA dan berat isi mengalami penurunan. Pada campuran agregat karet ban luar 5% dan fly ash 5% dengan aspal stabilitas yang didapat adalah 1838,80 kg, sedangkan pada campuran agregat karet ban luar 10% dan fly ash 5% dengan aspal mengalami penurunan yaitu 1747.63 kg. Tetapi penurunannya tidak melebihi nilai campuran normal yaitu 1690,66 kg. Pada pengujian Cantabro Scattering Loss, nilai abrasi yang didapat pada campuran aspal dengan agregat karet ban luar 5% dan 10% serta fly ash 5% lebih rendah dibanding aspal normal. Hasil Cantabro Scattering Loss yang paling kecil adalah pada campuran aspal dengan agregat karet ban luar 10% dan fly ash 5% yaitu pada kadar aspal 6,5 % yaitu 0,734 %. Sedangkan untuk campuran aspal dengan agregat normal nilai abrasi yang terkecil adalah 0,535%. Dari pengujian ini nilai Cantabro aspal dan agregat karet ban luar dan fly ash lebih baik dibanding aspal normal karena semakin kecil nilai abrasi maka semakin tinggi daya tahan campuran. Selain itu penggunaan campuran aspal dan agregat karet ban luar dan fly ash dapat menghemat penggunaan aspal karena pada kadar aspal yang sama , campuran aspal dengan agregat karet ban luar dan fly ash memiliki nilai abrasi yang lebih rendah. pengujian Marshall dan Cantabro menunjukkan bahwa’ dengan penambahan serbuk karet ban luar bekas 5% dan 10% sebagai pengganti sebagian dust serta fly ash 5% dapat meningkatkan stabilitas dan meminimalkan abrasi dari perkerasan jalan. Kata kunci : transportasi lalu lintas, campuran aspal. Limbah karet ban luar, agregat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: transportasi lalu lintas, campuran aspal. Limbah karet ban luar, agregat
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q1-295 General
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:51
Last Modified: 06 Sep 2023 07:51
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/127831

Actions (login required)

View Item View Item