Project Report Penguatan Budaya Lokal Melalui Pemberdayaan Kelompok Pengrajin Sulam Angkingan Khas Kota Palembang Berbasis E-Commerce

Yunisvita, Yunisvita and Saleh, Syirod and Yusuf, Komri (2023) Project Report Penguatan Budaya Lokal Melalui Pemberdayaan Kelompok Pengrajin Sulam Angkingan Khas Kota Palembang Berbasis E-Commerce. Project Report. Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya, Palembang. (Submitted)

[thumbnail of Laporan pengabdian Ibu Yunisvita.pdf] Text
Laporan pengabdian Ibu Yunisvita.pdf

Download (828kB)

Abstract

Pengrajin sulam angkinan ini termasuk dalam pengrajin rumahan sehingga diperlukan strategi yang tepat dalam mengembangkannya. Begitu pentingnya pengaplikasian budaya lokal ini ke dalam bisnis e-commerce dapat membantu meningkatkan pendapatan para pengrajin sulam angkinan. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pendampingan dalam mempromosikan produk, memberikan pelatihan penggunaan aplikasi e-commerce. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah pelatihan dengan memberikan penyuluhan, tutorial dan diskusi. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta pelatihan mampu memahami pentingnya penguatan budaya lokal berbasis e-commerce serta mampu mengaplikasikan situs berjualan online melalui instagram dan shopee. Hal ini tentunya sangat relevan dengan kondisi saat ini dimana pengetahuan mengenai preferensi dan perilaku pembelanja lokal lebih dominan belanja online menggunakan aplikasi e-commerce yang terpopuler. Dalam hal ini para pengrajin sulam angkinan dapat menyampaikan informasi detail terkait produk yang ditawarkan dan cara berinterksi dengan pelanggan secara online. Tanpa implementasi nilai-nilai lokal, pengrajin tidak akan memiliki strategi go-to-market yang efektif, dan peluang para pengrajin sulam.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Report (Laporan Penelitian)
Divisions: 01-Faculty of Economics > 60201-Development Economics (S1)
Depositing User: Dr. Yunisvita Yunisvita
Date Deposited: 26 Aug 2023 08:45
Last Modified: 26 Aug 2023 10:41
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/127884

Actions (login required)

View Item View Item