PENGARUH PENGGUNAAN SERBUK KARET BAN LUAR BEKAS SPESIFIKASI LOLOS SARINGAN NO. 100 DENGAN KADAR 13% DAN 13,5% TERHADAP CAMPURAN ASPAL (AC 60/70) SEBAGAI BAHAN PENGGANTI SEBAGIAN ASPAL MELALUI PENGUJIAN MARSHALL DAN CANTABRO SCATTERING LOSS TEST

PERMANA, AHMAD TEDDY and Chusaini San, Indra and Oemar, Bakrie (2005) PENGARUH PENGGUNAAN SERBUK KARET BAN LUAR BEKAS SPESIFIKASI LOLOS SARINGAN NO. 100 DENGAN KADAR 13% DAN 13,5% TERHADAP CAMPURAN ASPAL (AC 60/70) SEBAGAI BAHAN PENGGANTI SEBAGIAN ASPAL MELALUI PENGUJIAN MARSHALL DAN CANTABRO SCATTERING LOSS TEST. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03003110110.pdf] Text
RAMA_22201_03003110110.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110110_9990202716_9900983165_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03003110110_9990202716_9900983165_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03003110110_9990202716_9900983165_02.pdf] Text
RAMA_22201_03003110110_9990202716_9900983165_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (65MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110110_9990202716_9900983165_03.pdf] Text
RAMA_22201_03003110110_9990202716_9900983165_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110110_9990202716_9900983165_04.pdf] Text
RAMA_22201_03003110110_9990202716_9900983165_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110110_9990202716_9900983165_05.pdf] Text
RAMA_22201_03003110110_9990202716_9900983165_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (936kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110110_9990202716_9900983165_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03003110110_9990202716_9900983165_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110110_9990202716_9900983165_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03003110110_9990202716_9900983165_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (30MB) | Request a copy

Abstract

Berkembangnya suatu daerah tak luput dari peranan jalan sebagai sarana transfortasi lalulintas yang sangat vital, sehingga kita perlu mengkaji dan meneliti untuk ketahanan perkerasan jalan aspal agar dapat menahan beban lalulintas. Salah satu bahan dari perkerasan jalan adalah Aspal, ini merupakan material pengikat yang harganya cukup mahal maka perlu penghematan dalam penggunaannya. Untuk keekonomisan perkerasan jalan perlu dilakukan penggantian sebagian Aspal dengan material lain yang dapat meningkatkan stabilitas dari perkerasan itu sendiri, faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas aspal adalah dari absorpsi aspal terhadap campurannya, kadar aspal yang efektif, gradasi agregat, rongga udara dalam campuran (VIM) dan rongga antar butiran agregat (VMA). Kelima faktor ini akan memberikan daya lekat tinggi terhadap aspal dengan agregatnya dan kemampuan kekedapan air yang baik agar aliran air dipermukaan perkerasan tidak dapat masuk kedalam konstruksi badan jalan di bawahnya. Namun kekedapan terhadap air tersebut dapat menyebabkan terjadinya limpasan air yang dapat mengurangi kekesatan permukaan sehingga dapat menimbulkan kecelakaan bagi pemakai jalan. Hasil yang didapat dari pengujian campuran karet ban luar (lolos saringan 100), yaitu Marshall Test dan Cantabro Scattering Loss Test membuktikan bahwa campuran Aspal Beton untuk AC lebih memiliki nilai stabilitas dan ekonomis yang tinggi dibandingkan dengan campuran aspal biasa. Hal ini dapat diketahui dari naiknya nilai stabilitas yang cukup signifikan pada penambahan serbuk karet ban luar bekas (lolos saringan No.100) sebesar 13% dan 13,5%, yaitu pada kadar aspal optimum sebesar 6,5% dengan nilai stabilitas 1138 kg dan 1152 kg, sedangkan pada campuran aspal tanpa penambahan serbuk karet ban luar bekas (lolos saringan No.100) hanya 823,536 kg dengan kadar aspal optimum yang sama dan hasil Cantabro Scattering Loss Test menunjukan nilai minimum abrasi Cantabro (yaitu sebesar 0,392% dan 0,477% jatuh pada k luar bekas 13% dan 13,5%, sedangkan pada campuran aspal tanpa penambahan serbuk karet ban luar bekas (lolos saringan No.100) didapat nilai minimum abrasi Cantabro pada kadar aspal optimum 7% adalah 2,840%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan penambahan serbuk karet ban luar bekas (lolos saringan No.100) dapat meningkatkan 'Stabilitas dan meminimalkan Abrasi dari perkerasan jalan.adar aspal optimum 6,5%) pada campuran dengan penambahan serbuk karet ban. Kata kunci : serbuk karet, campuran aspal, abrasi cantabro, nilai stabilitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: serbuk karet, campuran aspal, abrasi cantabro, nilai stabilitas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA401-492 Materials of engineering and construction. Mechanics of materials > TA401.A327 Materials science
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:04
Last Modified: 06 Sep 2023 08:04
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/128192

Actions (login required)

View Item View Item