MODEL PENURUNAN KONDISI PERKERASAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN TEORI MARKOV

BASTOTO S., F. KINCAHAR and Arliansyah, Joni (2006) MODEL PENURUNAN KONDISI PERKERASAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN TEORI MARKOV. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03003110097.pdf] Text
RAMA_22201_03003110097.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (36MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110097_0015066702_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03003110097_0015066702_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03003110097_0015066702_02.pdf] Text
RAMA_22201_03003110097_0015066702_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110097_0015066702_03.pdf] Text
RAMA_22201_03003110097_0015066702_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (844kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110097_0015066702_04.pdf] Text
RAMA_22201_03003110097_0015066702_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110097_0015066702_05.pdf] Text
RAMA_22201_03003110097_0015066702_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (691kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110097_0015066702_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03003110097_0015066702_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110097_0015066702_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03003110097_0015066702_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Jalan raya merupakan bagian yang sangat penting di bidang transportasi, terutama dalam sektor perhubungan. Manajemen pemeliharaan jalan (Pavement Management System) menjadi salah satu system dalam pengelolaan jaringan jalan untuk membuat keputusan yang konsisten dan efektif dalam menjaga investasi masyarakat dalam hal prasarana jalan. PMS juga merupakan suatu kunci pengambilan keputusan untuk pembangunan kembali, perbaikan serta pemeliharaan jaringan perkerasan jalan. Salah satu permasalahan yang timbul khususnya di negara-negara beriklim tropis adalah kerusakan fisik pada jalan raya itu sendiri (penurunan kondisi perkerasan). Hal ini disebabkan oleh beberapa hal antara lain terbatasnya kualitas sumber daya manusia, tingkat pergerakan yang tinggi, terbatasnya penyediaan dana, urbanisasi yang sangat cepat, tingkat disiplin yang rendah, lemahnya sistem perancanaan dan kontrol. Teori Markov merupakan salah satu model yang dapat dikembangkan dalam memprediksi penurunan kondisi perkerasan jalan dalam periode waktu tertentu. Model ini dikembangkan dengan menggunakan probabilitas dalam tiap tingkatan kondisi (State conditiori) jalan. Nilai yang didapat dalam tiap tingkatan kondisi tersebut selanjutnya dikembangkan dalam bentuk matrik probabilitas (Transition Probabilities Matrix). Prediksi penurunan kondisi perkerasan jalan dianalisa dalam studi ini. Penelitian yang dilakukan menggunakan beberapa ruas jalan dengan periode umur tiga tahun yakni pada ruas jalan dengan umur ke-9 sampai umur ke-12 tahun dan pada jalan dengan umur ke- 12 sampai umur ke-15 tahun. Kemudian penurunan kondisi perkerasan jalan dengan menggunakan Teori Markov akan dibandingkan dengan metode analisa regresi linier. Hasil menunjukkan bahwa analisa penurunan kondisi perkerasan jalan dengan menggunakan Teori Markov memiliki pola penurunan yang sama dan dapat dipakai dalam memperkirakan penanganan jalan sampai tahun ke-5. Sedangkan metode analisa regresi linier, hasil penurunan kondisi yang diperoleh tidak dapat menggambarkan penurunan yang terjadi tiap periodenya. Dengan demikian untuk pengmbangan model menggunakan teori Markov diperlukan data yang memiliki sebaran nilai pada setiap tingkatan kondisi (State condition) sehingga probabilitas setiap tingkatan kondisi dapat diperoleh untuk pengembangan matrik (TPM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemeliharaan jalan, Teori Markov
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE1-450 Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 11 Sep 2023 12:10
Last Modified: 11 Sep 2023 12:10
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/128500

Actions (login required)

View Item View Item