PENGARUH PENGGANTIAN SEBAGIAN ASPAL DENGAN SERBUK KARET BAN LUAR BEKAS SEBESAR 7% DAN 19,5% TERHADAP CAMPURAN ASPAL PEN. 60/70 MELALUI PENGUJIAN MARSHALL DAN CANTABRO SCATTERING LOSS TEST

AGUSTIAWAN, AGUSTIAWAN and San, Indra Chusaini and Oemar S., Bakrie (2005) PENGARUH PENGGANTIAN SEBAGIAN ASPAL DENGAN SERBUK KARET BAN LUAR BEKAS SEBESAR 7% DAN 19,5% TERHADAP CAMPURAN ASPAL PEN. 60/70 MELALUI PENGUJIAN MARSHALL DAN CANTABRO SCATTERING LOSS TEST. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03003110061.pdf] Text
RAMA_22201_03003110061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (97MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110061_0017115207_9900983165_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03003110061_0017115207_9900983165_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03003110061_0017115207_9900983165_02.pdf] Text
RAMA_22201_03003110061_0017115207_9900983165_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110061_0017115207_9900983165_03.pdf] Text
RAMA_22201_03003110061_0017115207_9900983165_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110061_0017115207_9900983165_04.pdf] Text
RAMA_22201_03003110061_0017115207_9900983165_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110061_0017115207_9900983165_05.pdf] Text
RAMA_22201_03003110061_0017115207_9900983165_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110061_0017115207_9900983165_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03003110061_0017115207_9900983165_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (765kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110061_0017115207_9900983165_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03003110061_0017115207_9900983165_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (47MB) | Request a copy

Abstract

Perkerasan jalan dipengaruhi oleh beberapa faktor-faktor antara lain dipengaruhi oleh absorpsi aspal terhadap campurannya, kadar aspal yang efektif, rongga antar butiran agregat (VMA), rongga udara dalam campuran (VIM) dan gradasi agregat. Gabungan dari kelima faktor ini akan memberikan daya lekat tinggi terhadap aspal dengan agregatnya dan kemampuan kekedapan air yang baik agar aliran air dipermukaan perkerasan tidak mampu masuk kedalam konstruksi badan jalan di bawahnya. Namun kekedapan terhadap air tersebut justru yang menjadi masalah dari perkerasan jalan itu sendiri karena kekedapan lapisan akan menyebabkan terjadinya limpasan air yang dapat mengurangi kekesatan permukaan sehingga dapat menimbulkan kecelakaan pemakai jalan. Hasil pengujian Marshall Test dan Cantabro Scattering Loss Test menunjukkan bahwa campuran aspal untuk ATB memiliki nilai stabilitas dan ekonomis yang tinggi dibandingkan dengan campuran aspal normal. Hal ini dapat dilihat dari naiknya nilai stabilitas yang cukup tinggi pada Pengujian Marshall dengan penambahan serbuk karet ban luar bekas sebesar 1303 kg dan 1174 kg untuk kadar karet 7% dan 19,5%. Sedangkan pada campuran aspal tanpa penambahan serbuk karet ban luar bekas hanya 812 kg. Hasil Cantabro Scattering Loss Test menunjukan nilai minimum abrasi Cantabro pada campuran dengan penambahan serbuk karet ban luar bekas sebesar 0,617% dan 0,280% untuk aspal dengan kadar karet 7% dan 19,5%, sedangkan pada campuran aspal tanpa penambahan serbuk karet ban luar bekas nilai minimum abrasi Cantabro adalah 2,817%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Campuran aspal, Marshall Test dan Cantabro Scattering Loss Test
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE1-450 Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:40
Last Modified: 14 Sep 2023 07:46
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/128683

Actions (login required)

View Item View Item