PENGARUH KECEPATAN KAPAL TERHADAP GELOMBANG BANGKITAN (STUDY KASUS KAPAL EXPRESS BAHARI “PALEMBANG - BANGKA”)

ARMA, NATTASYA HEPPY and Haki, Helmi (2005) PENGARUH KECEPATAN KAPAL TERHADAP GELOMBANG BANGKITAN (STUDY KASUS KAPAL EXPRESS BAHARI “PALEMBANG - BANGKA”). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03003110079.pdf] Text
RAMA_22201_03003110079.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (48MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110079_0003076103_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03003110079_0003076103_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03003110079_0003076103_02.pdf] Text
RAMA_22201_03003110079_0003076103_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110079_0003076103_03.pdf] Text
RAMA_22201_03003110079_0003076103_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110079_0003076103_04.pdf] Text
RAMA_22201_03003110079_0003076103_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110079_0003076103_05.pdf] Text
RAMA_22201_03003110079_0003076103_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110079_0003076103_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03003110079_0003076103_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110079_0003076103_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03003110079_0003076103_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Sungai merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Sejak jaman dulu kala kehidupan manusia selalu berorientasi pada keberadaan sungai dan hampir semua kegiatan manusia memanfaatkan segala sesuatu yang ada pada sungai tersebut, antara lain : sebagai sumber air bagi kehidupan manusia meliputi air minum, kebutuhan mandi, cuci, dll. Disamping itu keberadaan sungai juga sangat berperan dalam menunjang kelancaran transportasi. Sebagai sungai penting di kota Palembang menunjang dalam aktivitas perekonomian. Dengan pesatnya transportasi sungai sekarang ini maka perlu mulai adanya perhatian terhadap adanya gelombang bangkitan yang terjadi akibat gerakan kapal, terutama kapal cepat yang melayani rute Palembang-Bangka. Mengacu pada penelitian sebelumnya yang dilakukan di Sungai Siak, penulis melakukan penelitian di sungai Musi dengan menggunakan persamaan yang telah diperoleh dalam penelitian di Sungai Siak tersebut. Dari hasil perhitungan yang dilakukan penulis, diperoleh bahwa tinggi gelombang yang terjadi bertambah seiring dengan bertambahnya laju kapal, begitu juga dengan panjang gelombang, periode gelombang dan sudut puncak gelombang terhadap tepi sungai. Pada kecepatan kapal maksimum yaitu 10,5 m/detik, tinggi gelombang yang dihasilkan adalah 0,69 m dengan jarak kapal 10 m dari tebing sungai. Dan pada jarak kapal 20 m dari tebing sungai pada kecepatan yang sama tinggi gelombang yang terjadi adalah 0,63 m. Pada kecepatan 5 m/detik tinggi gelombang yang dihasilkan adalah 0,22 m dengan jarak kapal dari tebing sungai sejauh 10 m dan untuk jarak kapal dengan tebing sungai 20 m untuk kecepatan yang sama diperoleh tinggi gelombang sebesar 0,20 m. Agar tinggi gelombang yang terjadi dari kapal Express Bahari tidak terlalu mengganggu aktivitas penduduk, maka perlu adanya pembatasan kecepatan laju kapal yaitu pada jarak 20 m dari tebing sungai dengan kecepatan 5 m/detik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Transportasi laut, kecepatan
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.6-57.97 Operations research. Systems analysis > T57.78 Transportation method
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:37
Last Modified: 15 Sep 2023 03:37
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/128699

Actions (login required)

View Item View Item