ALFARISI, KHOIRUDDIN and Arliansyah, Joni (2006) PROGRAM PERHITUNGAN KAPASITAS JALAN PERKOTAAN (URBAN ROAD) MENGGUNAKAN BAHASA PASCAL DENGAN INTERFACE DELPHI BERDASARKAN MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA (MKJI). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_22201_03013110107.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (41MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110107_0015066702_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) |
|
Text
RAMA_22201_03013110107_0015066702_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110107_0015066702_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110107_0015066702_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110107_0015066702_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (495kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110107_0015066702_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (266kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110107_0015066702_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Meningkatnya kemacetan pada jalan perkotaan yang diakibatkan bertambahnya kepemilikan kendaraan, terbatasnya sumberdaya untuk pembangunan jalan raya dan belum optimalnya pengoperasian fasilitas lalu lintas yang ada merupakan persoalan utama di banyak negara. Manual Kapasitas Jalan Indonesia dapat diterapkan sebagai dalam perancangan, perencanaan dan analisa operasional fasilitas lalu-lintas. Pengguna manual meliputi para perancang transportasi, para ahli Teknik Lalu-lintas dan Teknik Jalan Raya yang bertugas dalam Badan Pembina Jalan dan Transportasi, juga Perusahaan-perusahaan pribadi dan konsultan. Manual direncanakan terutama agar pengguna dapat memperkirakan perilaku lalu-lintas dari suatu fasilitas pada kondisi lalulintas, geometrik dan keadaan lingkungan tertentu. Oleh karena itu, penelitian ini membahas mengenai perencanaan dan perhitungan kapasitas jalan perkotaan (urban road) berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Untuk mendapatkan perencanaan secara efektif dan efisien, maka perencanaan Urban Road ini dihitung menggunakan pemrogaman bahasa Pascal untuk mempermudah dan mempercepat proses perencanaan dan mencegah timbulnya human error pada perhitungan. Menggunakan Delphi pada interface-nya diharapkan program perhitungan Urban Road ini akan semakin mudah dipahami dan dimengerti berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Hasil akhir didapat bahwa program memiliki banyak kelebihan dibandingkan perhitungan kapasitas secara manual. Dimana waktu proses lebih cepat dan efisien, tingkat keakuratan dan ketelitian lebih tinggi dan menghasilkan solusi yang dapat menghindarkan human error.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jalan perkotaan, transportasi, lalu lintas |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T57.6-57.97 Operations research. Systems analysis > T57.78 Transportation method |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 06:47 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 06:47 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/128895 |
Actions (login required)
View Item |