PENGUJIAN MARSHALL DAN CANTABRO SCATTERING LOSS UNTUK KARET BAN LUAR BEKAS 19 % SEBAGAI BAHAN PENGGANTI AGGREGAT PADA LAPISAN ATB (ASPHALT TREATED BASE)

AMYUDARSYAH, AMYUDARSYAH and Oemar S., Bakrie (2005) PENGUJIAN MARSHALL DAN CANTABRO SCATTERING LOSS UNTUK KARET BAN LUAR BEKAS 19 % SEBAGAI BAHAN PENGGANTI AGGREGAT PADA LAPISAN ATB (ASPHALT TREATED BASE). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03033110127.pdf] Text
RAMA_22201_03033110127.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (51MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03033110127_9900983165_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03033110127_9900983165_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03033110127_9900983165_02.pdf] Text
RAMA_22201_03033110127_9900983165_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03033110127_9900983165_03.pdf] Text
RAMA_22201_03033110127_9900983165_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03033110127_9900983165_04.pdf] Text
RAMA_22201_03033110127_9900983165_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03033110127_9900983165_05.pdf] Text
RAMA_22201_03033110127_9900983165_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03033110127_9900983165_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03033110127_9900983165_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (360kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03033110127_9900983165_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03033110127_9900983165_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (24MB) | Request a copy

Abstract

Karet adalah bahan alam yang padat dan bersifat fleksibel. Saat ini penanganan limbah/sampah yang berasal dari karet, khususnya karet ban bekas telah menjadi masalah besar di negara kita. Untuk itu kita harus mencari cara untuk mengatasi limbah tersebut, yaitu dengan cara memanfaatkannya untuk kegiatan yang lain_ Oleh karena hal tersebut diatas maka kami tertarik untuk melakukan pengujian terhadap bahan limbah tersebut yang nantinya digunakan sebagai pengganti sebagian agregat dalam campuran aspal beton pada lapisan ATB. Adapun tujuan dari penelitian yang kami lakukan adalah mencoba menjadikannya sebagai bahan pengganti sebagian agregat normal dan campuran aspal untuk perkerasan jalan. Selain untuk mengurangi jumlah limbah, juga untuk mengetahui apakah dengan menggunakan agregat karet ban luar bekas ini bisa memenuhi standar, bila dibandingkan dengan Standar yang ditetapkan Bina Marga. Agregat normal yang akan dicampur dengan agregat dari karet ban luar bekas ditimbang dengan berat ± 1100 gram dalam kondisi padat (suhu ruang). Untuk campuran 19 %, agregat dari karet ban luar bekas yang dibutuhkan sebesar 209 gram. Mula-mula masing-masing dari bahan campuran ditakar sesuai dengan berat yang ditentukan. Agregat normal dipanaskan dengan cara digoreng dengan suhu konstan ± 110 °C. Pada saat bersamaan, aspal dipanaskan hingga mencapai suhu 180 ± 5 UC. Setelah kedua bahan tersebut dipanaskan lalu kedua bahan tersebut dicampur hingga menjadi suatu campuran yang homogen. Setelah dicapai suatu campuran yang homogen, agregat yang terbuat dari karet ban luar bekas tersebut dimasukkan sedikit demi sedikit dan diaduk dengan arah putaran yang sama. Pengadukan dilakukan terus menerus sampai masing-masing bahan tersebut menyatu hingga menjadi suatu campuran yang homogen. Perlu diingat bahwa dalam proses pencampuran, suhu dan adukan harus benar-benar dijaga tetap stabil agar didapat hasil campuran yang merata dan sempurna. Dari hasil penelitian yang dilakukan diatas nantinya diharapkan limbah karet ban bekas dapat benar - benar bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan alternatif pengganti agregat kasar untuk perkerasan jalan raya. Hasil campuran dengan menggunakan agregat kasar yang terbuat dari bahan karet ban luar bekas 19%, bisa memenuhi standar bila dibandingkan dengan standar Bina Marga sehingga bisa digunakan sebagai bahan alternatif pengganti agregat kasar pada perkerasan jalan raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Limbah padat, agregat, campuran aspal beton
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE1-450 Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 20 Sep 2023 07:22
Last Modified: 20 Sep 2023 07:22
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/128911

Actions (login required)

View Item View Item