FEBRIANSYAH, ADITYA and Astira, Imron Fikri and Pataras, Mirka (2013) PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK BAMBU TERHADAP KARATERISTIK CAMPURAN LASTON BASE (AC-BASE) DENGAN METODE MARSHALL. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_22201_53081001076.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (72MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_53081001076_0014025402_0001128107_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) |
|
Text
RAMA_22201_53081001076_0014025402_0001128107_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (18MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_53081001076_0014025402_0001128107_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_53081001076_0014025402_0001128107_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_53081001076_0014025402_0001128107_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (620kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_53081001076_0014025402_0001128107_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (325kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_53081001076_0014025402_0001128107_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (28MB) | Request a copy |
Abstract
Kebutuhan akan sarana transportasi yang berkembang dengan cepat harus diimbangi oleh kemampuan konstruksi jalan menerima beban. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan konstruksi jalan untuk dapat mendukung lalu lintas kendaraan adalah dengan mengganti material pembentuk konstruksi perkerasan jalan. Perkerasan lentur merupakan salah satu jenis perkerasan selain perkerasan kaku dan komposit. Perkerasan lentur terdiri dari beberapa lapis yaitu lapis tanah dasar, lapis pondasi bawah, lapis pondasi atas dan lapis permukaan. Gradasi agregat gabungan untuk campuran aspal, ditunjukkan dalam persen terhadap berat agregat yang harus memenuhi batas-batas dan harus berada di luar Daerah Larangan (Restriction Zone) yang telah ditentukan. Dalam penilitian ini menggunakan bahan berupa serbuk bambu yng akan dicampurkan kedalam campuran normal. Maka akan dibuat 45 benda uji yang terdiri dari 5 rentang kadar aspal rencana yang telah ditetapkan. Masing-masing rentang kadar aspal dibuat 3 buah sampel untuk benda uji. Kemudian dari masing-masing sampel dibuat 3 jenis campuran, yaitu campuran normal, campuran dengan tambahan serbuk bambu 1 %, dan campuran dengan tambahan serbuk bambu 2%. Nilai Kadar Aspal Optimum (KAO) untuk lapisan AC-Base yang diperoleh dari pengujian marshall untuk komposisi campuran normal adalah 5,15% sedangkan untuk komposisi campuran dengan penambahan serbuk bambu 1% didapat nilai Kadar Aspal Optimum (KAO) sebesar 5,2%. Kemudian untuk komposisi campuran dengan penambahan serbuk bambu 2% tidak dapat ditentukan nilai kadar aspal optimumnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | AC-Base, serbuk bambu, daerah larangan, pengujian Marshall |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE1-450 Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 05:31 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 05:31 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/128997 |
Actions (login required)
View Item |