IMPLEMENTASI PRINSIP PENANGANAN PENGADUAN KONSUMEN ATAS JASA PT.KERETA API INDONESIA (PERSERO) DIVRE III PALEMBANG

AZWARSYAH, MUHAMMAD FERIAN and Samawati, Putu and Ramadhan, Muhammad Syahri (2023) IMPLEMENTASI PRINSIP PENANGANAN PENGADUAN KONSUMEN ATAS JASA PT.KERETA API INDONESIA (PERSERO) DIVRE III PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_74201_02011381924275.pdf] Text
RAMA_74201_02011381924275.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381924275_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_74201_02011381924275_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381924275_0008038001_0227039201_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011381924275_0008038001_0227039201_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_74201_02011381924275_0008038001_0227039201_02.pdf] Text
RAMA_74201_02011381924275_0008038001_0227039201_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381924275_0008038001_0227039201_03.pdf] Text
RAMA_74201_02011381924275_0008038001_0227039201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381924275_0008038001_0227039201_04.pdf] Text
RAMA_74201_02011381924275_0008038001_0227039201_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (47kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381924275_0008038001_0227039201_05_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011381924275_0008038001_0227039201_05_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381924275_0008038001_0227039201_06_lamp.pdf] Text
RAMA_74201_02011381924275_0008038001_0227039201_06_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “Implementasi Prinsip Penanganan Pengaduan Konsumen Atas Jasa PT.KAI (Persero) Divre III Palembang” dilatar belakangi oleh keluhan konsumen terhadap kurangnya informasi yang diberikan oleh PT.KAI (Persero) Divre III Palembang terkait dengan syarat dan ketentuan untuk naik kereta api serta keluhan terhadap kurangnya pelayanan dan fasilitas,prasarana PT.KAI (Persero) Divre III Palembang, sehingga membuat konsumen melakukan keluhan ke PT.KAI (Persero) Divre III Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis cara PT.KAI (Persero) Divre III Palembang dalam menerapkan prinsip penanganan pengaduan konsumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum normatif yang didukung dengan data empiris dengan menggunakan pendekatan Undang-Undang (Statute Approach) serta pendekatan konseptual (Conceptual Approach). Adapun hasil penelitian ini adalah : 1. PT.KAI (Persero) Divre III Palembang telah menerapkan prinsip penananganan pengaduan konsumen atas jasa nya. Hal ini terlihat dari kinerja PT.KAI (Persero) Divre III Palembang yang menyediakan layanan customer service di stasiun Kertapati Palembang, untuk menerima pengaduan kritik, dan saran dari konsumen serta menyelesaikan masalah tersebut sesuai dengan SOP PT.KAI Divre III Palembang. 2. Bentuk pertanggungjawaban yang dilakukan PT.KAI (Persero) Divre III Palembang terhadap konsumen telah dilakukan dengan melakukan pertanggungjawaban dengan cara melakukan penyelesaian terhadap keluhan yang dilakukan oleh konsumen sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM. 48 Tahun 2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Konsumen, Pengaduan, PT.KAI.
Subjects: K Law > K Law (General) > K600-615 Private law
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Muhammad Ferian Azwarsyah
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:23
Last Modified: 26 Sep 2023 02:23
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/129142

Actions (login required)

View Item View Item