PENGARUH PARAMETER CBR TANAH DASAR DAN KUAT TEKAN BETON TERHADAP TEBAL PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT)

SALDY, DESWITA and Iqbal, Maulid Muhammad (2006) PENGARUH PARAMETER CBR TANAH DASAR DAN KUAT TEKAN BETON TERHADAP TEBAL PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03023110018.pdf] Text
RAMA_22201_03023110018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (87MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110018_0009096012_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03023110018_0009096012_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03023110018_0009096012_02.pdf] Text
RAMA_22201_03023110018_0009096012_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110018_0009096012_03.pdf] Text
RAMA_22201_03023110018_0009096012_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110018_0009096012_04.pdf] Text
RAMA_22201_03023110018_0009096012_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110018_0009096012_05.pdf] Text
RAMA_22201_03023110018_0009096012_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (529kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110018_0009096012_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03023110018_0009096012_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110018_0009096012_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03023110018_0009096012_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (54MB) | Request a copy

Abstract

Penentuan posisi suatu titik baik horizontal (x,y) dan vertical/ ketinggiannya (z) dapat dilakukan secara terestris yaitu dengan mengacu pada posisi dan ketinggian titik lain yang telah diketahui ditambah dengan besaran-besaran ukuran (misalnya sudut/azimuth, dan jarak antara titik yang diketahui dengan titik yang akan ditentukan). Mengingat pentingnya penentuan posisi suatu titik maka diperlukan ketelitian yang tinggi dalam penentuan posisi. Seiring dengan kemajuan teknologi, maka saat ini untuk penentuan posisi suatu titik telah banyak yang menggunakan alat GPS (Global Possitioning System). Beberapa tipe GPS telah banyak digunakan untuk menentukan posisi suatu titik, namun sejauh ini tingkat ketelitian penentuan posisi suatu titik dengan GPS yang diperoleh sangat bervariasi. Untuk mengetahui ketelitian penentuan posisi dengan menggunakan GPS, maka perlu dilakukan penelitian dengan menggunakan GPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan 4 buah titik tetap dengan jarak antar titik + 0,5 - 1,5 km dan selanjutnya dilakukan pengukuran dengan menggunakan metode terestris dan GPS. Hasil pengukuran terestris dikontrol dengan syarat teknis pengukuran poligon tipe tertutup untuk sudut dan ketelitian penutup jarak dibatasi tidak lebih dari 1 : 5000. Sementara teknik pengamatan GPS dan perhitungan perataannya digunakan teknik ”Stop-and-Go” dan perataan RTK (Real Time Kinematik). Hasil perhitungan koordinat titik awal dengan GPS digunakan untuk perhitungan koordinat titik yang diukur dengan menggunakan teknik poligon tertutup. Hasil perhitungan koordinat masing-masing titik BM yang diukur dengan terestris dibandingkan dengan hasil pengukuran koordinat yang dilakukan dengan GPS. Dengan menggunakan asumsi bahwa pengukuran terestris dianggap yang benar, maka penyimpangan terhadap besaran koordinat dari titik Bench Mark, merupakan simpangan baku dari besarnya ketelitian yang dicapai dari pengukuran yang dilakukan dengan menggunakan GPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CBR Tanah, kuat tekan beton, rigid pavement
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE1-450 Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:22
Last Modified: 27 Sep 2023 06:22
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/129246

Actions (login required)

View Item View Item