PEMANFAATAN LIMBAH KARET BAN LUAR 6% DAN 12% SERTA FLY ASH 5% SEBAGAI MATERIAL ALTERNATIF PERKERASAN JALAN DENGAN MARSHALL TEST DAN CANTABRO SCATERING LOSS TEST

SYAPRIZAL, SYAPRIZAL and Oemar S., Bakrie (2005) PEMANFAATAN LIMBAH KARET BAN LUAR 6% DAN 12% SERTA FLY ASH 5% SEBAGAI MATERIAL ALTERNATIF PERKERASAN JALAN DENGAN MARSHALL TEST DAN CANTABRO SCATERING LOSS TEST. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03043110140.pdf] Text
RAMA_22201_03043110140.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (72MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03043110140_9900983165_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03043110140_9900983165_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03043110140_9900983165_02.pdf] Text
RAMA_22201_03043110140_9900983165_02.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03043110140_9900983165_03.pdf] Text
RAMA_22201_03043110140_9900983165_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03043110140_9900983165_04.pdf] Text
RAMA_22201_03043110140_9900983165_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03043110140_9900983165_05.pdf] Text
RAMA_22201_03043110140_9900983165_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03043110140_9900983165_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03043110140_9900983165_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (734kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03043110140_9900983165_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03043110140_9900983165_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan penelitian para ahli lingkungan perkembangan jumlah limbah yang sangat pesat saat ini mempunyai dampak negative yang sangat besar terhadap rusaknya ekosistem kita saat ini.Limbah ban luar bekas kendaraan merupakan limbah yang dapat merusak lingkungan dan harus ditanggapi dengan serius karena jumlahnya terus bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan. Begitu juga dengan fly ash (abu terbang) yang merupakan limbah hasil pembakaran batu bara dan sering ditemukan menumpuk di tempat pembuangan PLTU. Oleh karena itu, perlu dicari jalan keluar untuk pemanfaatan limbah-limbah tersebut. Dalam penelitian ini mencoba memanfaatkan karet ban luar bekas kadar 6% dan 12% serta fly ash 5% sebagai material alternatif perkerasan jalan pada campuran aspal dan agregat serta melakukan pengujian Marshall dan pengujian Cantabro sebagai perbandingan dengan campuran aspal dan agregat normal melalui prosedur pengujian Bina Marga. Penambahan serbuk karet ban luar bekas 6% dan 12% serta fly ash 5% ini memberikan perubahan terhadap beberapa parameter pada pengujian Marshall yaitu untuk penambahan serbuk karet ban luar bekas kadar 6% terjadi peningkatan terhadap nilai stabilitas, Marshall Quotient,VMA, dan VLM, sedangkan untuk nilai flow dan VF A mengalami penurunan dibandingkan dengan campuran normal. Begitu juga pada penggunaan serbuk karet ban luar bekas 12% juga mengalami perubahan untuk nilai stabil i tas,flow dan VMA terjadi peningkatan dan mengalami penurunan untuk nilai Marshall Quotient, VIM dan VFA dibandingkan campuran normal. Pada pengujian Cantabro untuk campuran aspal dan agregat ditambah serbuk karet ban luar bekas kadar 6% dan 12% didapati nilai abrasi lebih rendah dibandingkan dengan campuran normal. Jadi kekuatan untuk menahan beban lalu lintas untuk campuran dengan karet ban luar bekas lebih besar daripada campuran normal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Campuran aspal, material perkerasan jalan
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE1-450 Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:21
Last Modified: 27 Sep 2023 07:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/129259

Actions (login required)

View Item View Item