KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL PENETRASI 60/70 DENGAN MENGGUNAKAN SERBUK KARET BAN LUAR BEKAS (11,5 % & 15 %) MELALUI PENGUJIAN MARSHALL DAN CANTABRO SCATTERING LOSS TEST

SHAFRIYADI, SHAFRIYADI and San, Indra Chusaini and Oemar S., Bakrie (2005) KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL PENETRASI 60/70 DENGAN MENGGUNAKAN SERBUK KARET BAN LUAR BEKAS (11,5 % & 15 %) MELALUI PENGUJIAN MARSHALL DAN CANTABRO SCATTERING LOSS TEST. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03003110155.pdf] Text
RAMA_22201_03003110155.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (65MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110155_0017115207_9900983165_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03003110155_0017115207_9900983165_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03003110155_0017115207_9900983165_02.pdf] Text
RAMA_22201_03003110155_0017115207_9900983165_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110155_0017115207_9900983165_03.pdf] Text
RAMA_22201_03003110155_0017115207_9900983165_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110155_0017115207_9900983165_04.pdf] Text
RAMA_22201_03003110155_0017115207_9900983165_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110155_0017115207_9900983165_05.pdf] Text
RAMA_22201_03003110155_0017115207_9900983165_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110155_0017115207_9900983165_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03003110155_0017115207_9900983165_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (447kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110155_0017115207_9900983165_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03003110155_0017115207_9900983165_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Dalam perkerasan jalan Aspal merupakan bahan pengikat agregat dalam campuran. Aspal merupakan material yang harganya relatif mahal, sehingga perlu dilakukan penghematan dalam penggunaanya. Salah satu cara untuk melakukan penghematan tersebut yaitu dengan mengganti sebagian aspal tersebut dengan material lain yang tentunya harus lebih praktis, ekonomis, mudah didapat dan dapat menyatu dengan aspal. Mengingat karet dapat meningkatkan kineija aspal dalam campuran aspal, maka dalam penelitian ini dicoba menggunakan Serbuk Karet Ban Luar kendaraan bekas sebagai material pengganti sebagian aspal, dimana ban kendaraan bekas tersebut juga bermasalah dari segi lingkungan dalam hal pembuangannya.Sehingga dapat termanfaat dan mengurangi limbah ban kendaraan yang merupakan limbah padat. Penelitian Aspal dilakukan mengikuti standar Bina Marga dengan menggunakan aspal (pen. 60/70) dengan campuran serbuk ban karet luar (11,5% &15%). Hasil penelitian mengindikasikan bahwa penambahan serbuk ban menyebabkan .Penurunan nilai penetrasi aspal, Peningkatan titik lembek aspal, peningkatan titik nyala dan titik bakar, penurunan nilai daktilitas. luar bekas akan Sedangkan pada penelitian campuran yang dilakukan pada kadar bervariasi yaitu: 5.5%, 6%, 6,5% ,7% dan 7,5% setelah dilakukan pengujian marhall dan cantabro scattering loss test didapat kadar aspal optimum (KAO) pada kadar aspal (0%,11,5%, 15%) berturut-turut adalah 6,5%, 6,5% dan 7%. campuran yang Karakteristik campuran yang didapat berdasarkan KAO yaitu: : Peningkatan nilai stabilitas campuran yang menindikasikan bahwa kemampuan campuran dalam beban semakin kuat dengan bertambahnya kadar serbuk karet ban, Peningkatan nilai Fleksibilitas campuran yeng mengindikasikan bahwa kemempuan campuran untuk mengikuti deformasi yang terjadi akibat beban berulang tanpa timbulnya retak dan perubahan volume menjadi meningkat dengan semakin bertambahnya kadar serbuk karet ban luar. menerima Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa Penggunaan serbuk ban luar kendaraan Bekas pada campuran aspal pen.60/70 dengan spesifikasi ATB (Aspali Treated Base) sudah memenuhi standar Bina Marga dan cukup layak untuk digunakan dalam perkerasan jalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Campuran aspal, serbuk karet, ATB (Aspali Treated Base)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE250-278.8 Pavements and paved roads
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:20
Last Modified: 29 Sep 2023 07:20
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/129324

Actions (login required)

View Item View Item