PAHLEPHY, MUHAMMAD REZA and Emirzon, Joni and Handayani, Sri (2024) PENYELESAIAN SENGKETA ANTARA NASABAH DAN BANK MELALUI LEMBAGA ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA PERBANKAN INDONESIA (LAPSPI) MENURUT PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN NOMOR 1/POJK.07/2014. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_74201_02011381621434.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011381621434_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011381621434_0017066603_0007027001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_74201_02011381621434_0017066603_0007027001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (642kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011381621434_0017066603_0007027001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (562kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011381621434_0017066603_0007027001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (399kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011381621434_0017066603_0007027001_05_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (369kB) | Request a copy |
Abstract
Penyelesaian Sengketa adalah salah satu prosedur untuk mengakhiri konflik antar kedua belah pihak, Sengketa ini terjadi karena kedua belah pihak ada yang melakukan wanprestasi atau perbuatna melawan hukum. Pada ruang lingkup Perbankan sendiri Nasabah dan Bank sering terjadi Sengketa dikarenakan adanya cidera janji ataupun perbuatan melawan hukum, maka dari itu Otoritas Jasa Keuangan mendirikan lembaga independen yaitu Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Perbankan Indonesia atau LAPSPI yang diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan yang diatur dalam Peraturan OJK Nomor 1/POJK.07/2014. LAPSPI ini ditujukan untuk pihak-pihak yang ingin melakukan penyelesaian sengketa antar kedua belah pihak namun tidak ingin melalui jalur pengadilan. Maka dari itu Rumusan Permaslahan terdapat dua yaitu Bagaimanakah Proses Penyelesaian Sengketa antara Nasabah dan Bank melalui LAPSPI Berdasarkan POJK Nomor 1/POJK.07/2014 dan Apakah Kendala Dalam Penyelesaian Sengketa pada Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Perbankan Indonesia. Dengan begitu adapun Metode Penelitian yang digunakan adalah Normatif yang didukung dengan Data Empiris yaitu suatu Pendekatan metode kepustakaan dan didukung dengan data lapangan. LAPSPI melakukan proses penyelesaian sengketa antara pihak nasabah dan bank melalui beberapa tahapan yaitu tahapan mediasi, ajudikasi dan tahapan arbitrase yang dapat digunakan untuk melakukan penyelesaian sengketa, pada lembaga yang baru ini tetap ada kendala yaitu lembaga yang dipaksa terburu-buru sehingga terkendala dalam internal serta tidak harmonisnya peraturan perundang-undangan yang mengatur LAPSPI. Kata Kunci : Penyelesaian Sengketa, Nasabah, Bank, LAPSPI
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penyelesaian Sengketa, Nasabah, Bank, LAPSPI |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K3150 Public law |
Divisions: | 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1) |
Depositing User: | MUHAMMAD REZA PAHLEPHY |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 07:12 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 07:12 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/129376 |
Actions (login required)
View Item |