ANALISIS PENGGUNAAN BAHAN BAKAR EXCAVATOR CATERPILLAR 345GC DENGAN DUMP TRUCK MERCEDEZ-BENZ AXOR 3336K DAN HINO FM 350PL DALAM PROSES PENGUPASAN TANAH PENUTUP DI PT BUMI MERAPI ENERGI PIT KUNGKILAN, LAHAT, SUMATERA SELATAN

ROMADHON, MUHAMMAD REYNALDI and Yusuf, Maulana and Puspita, Mega (2023) ANALISIS PENGGUNAAN BAHAN BAKAR EXCAVATOR CATERPILLAR 345GC DENGAN DUMP TRUCK MERCEDEZ-BENZ AXOR 3336K DAN HINO FM 350PL DALAM PROSES PENGUPASAN TANAH PENUTUP DI PT BUMI MERAPI ENERGI PIT KUNGKILAN, LAHAT, SUMATERA SELATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_31201_03021381621067.pdf] Text
RAMA_31201_03021381621067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021381621067_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_31201_03021381621067_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021381621067_0025095903_0005039303_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_31201_03021381621067_0025095903_0005039303_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_31201_03021381621067_0025095903_0005039303_02.pdf] Text
RAMA_31201_03021381621067_0025095903_0005039303_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021381621067_0025095903_0005039303_03.pdf] Text
RAMA_31201_03021381621067_0025095903_0005039303_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (39kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021381621067_0025095903_0005039303_04.pdf] Text
RAMA_31201_03021381621067_0025095903_0005039303_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (534kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021381621067_0025095903_0005039303_05.pdf] Text
RAMA_31201_03021381621067_0025095903_0005039303_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021381621067_0025095903_0005039303_06_ref.pdf] Text
RAMA_31201_03021381621067_0025095903_0005039303_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (113kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021381621067_0025095903_0005039303_07_lamp.pdf] Text
RAMA_31201_03021381621067_0025095903_0005039303_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (471kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan bahan bakar yang tinggi menyebabkan perlunya dilakukan pengawasan agar bahan bakar yang digunakan optimal dengan tingkat produktivitas yang tinggi. Penelitian dilakukan di pit Kungkilan PT Bumi Merapi Energi, Lahat, Sumatera Selatan. Pada proses pengupasan tanah penutup sering terjadi antrian alat angkut pada area loading point, yang menyebabkan delay dan berdampak pada efisiensi kerja. Delay yang terjadi mengakibatkan rendahnya produktivitas dan menyebabkan angka fuel ratio menjadi tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengoptimalkan produktivitas alat angkut guna mendapatkan nilai fuel ratio yang lebih rendah. Nilai fuel ratio aktual pada fleet 1 yakni sebesar 0,93 liter/bcm dan 0,83 liter/bcm pada fleet 2, kedua nilai tersebut melebihi standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan, yaitu 0,81 liter/bcm. Untuk menurunkan nilai fuel ratio perlu dilakukan perbaikan pada waktu delay, dengan cara mensimulasikan waktu antrian pada alat angkut untuk meningkatkan produktivitas dan menurunkan nilai fuel ratio. Pada penelitian ini maka didapatkan nilai fuel ratio pada fleet 1 sebesar 0,9 liter/bcm dan pada fleet 2 adalah sebesar 0,79 liter/bcm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan bakar, Delay, Fuel Ratio, Produktivitas
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN1-997 Mining engineering. Metallurgy
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN331-347 Mine transportation, haulage and hoisting. Mining machinery
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 31201-Mining Engineering (S1)
Depositing User: Muhammad Reynaldi Romadhon
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:36
Last Modified: 03 Oct 2023 07:36
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/129477

Actions (login required)

View Item View Item