EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA ROLE PLAYING GAME (RPG) DENGAN MENGGUNAKAN METODE GAME EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (GEQ) (Studi Kasus : Game Genshin Impact)

LISTI, TASYA PERMATA and Putra, Pacu (2023) EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA ROLE PLAYING GAME (RPG) DENGAN MENGGUNAKAN METODE GAME EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (GEQ) (Studi Kasus : Game Genshin Impact). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_57201_09031381823115.pdf] Text
RAMA_57201_09031381823115.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381823115_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_57201_09031381823115_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381823115_0018128901_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031381823115_0018128901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (843kB)
[thumbnail of RAMA_57201_09031381823115_0018128901_02.pdf] Text
RAMA_57201_09031381823115_0018128901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381823115_0018128901_03.pdf] Text
RAMA_57201_09031381823115_0018128901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381823115_0018128901_04.pdf] Text
RAMA_57201_09031381823115_0018128901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381823115_0018128901_05.pdf] Text
RAMA_57201_09031381823115_0018128901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (129kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381823115_0018128901_06_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031381823115_0018128901_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031381823115_0018128901_07_lamp.pdf] Text
RAMA_57201_09031381823115_0018128901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Game Genshin Impact yang resmi liris pada September 2020 kemarin. Game garapan Mihoyo ini bergenre Role Playing Game yang juga dikombinasikan dengan Action dan Open world. Dengan alur cerita yang menarik, pada awal perilisannya game ini berhasil meraih penghargaan Best Innovative Game, Users, dan best game of 2020. Sekarang ini industry game sedang berlomba lomba dalam meningkatkan user experience dari game yang mereka buat agar dapat menarik perhatian dari masyarakat dan mempertahankan player lama. Oleh karena itu user experience pada sebuah game menjadi salah satu faktor yang penting untuk mendukung kesukesesan dalam sebuah game. Peneliti menggunakan metode Game Experience Questionnaire untuk mengukur bagaimana user experience yang dirasakan oleh pemain game Genshin Impact. metode ini memiliki 3 module yaitu The Core Module pada elemen Competence ( 4.044 ), Immersion ( 4.04 ), Flow ( 3.8507 ), Tension ( 3.7133 ), Challenge (3.9987), Negative Affect (3.9983), Positive Affect (4.0387) pada elemen flow menunjukkan kurangnya perasaan tenggelam dalam game Genshin Impact yang dirasakan oleh pemain. Module kedua adalah The Social Presence pada elemen emphaty (4.095), Negative feelings (3.892) dan behavioural Involvement (3.6133). dan module terakhir adalah the Post Game Module pada aspek Positive experience (4.0478), Negative Experience (3.7644), Tiredness (4.1267), dan returning to Reality (3.8333) aspek ini mendapatkan bahwasanya pemain merasakan kelelahan setelah bermain game Genshin Impact. Kata kunci : GEQ, Game Experience Questionnaire, Pengalaman Pengguna, Genshin Impact

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: GEQ, Game Experience Questionnaire, Pengalaman Pengguna, Genshin Impact
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.4 Managerial control systems Information technology. Information systems (General)
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1)
Depositing User: Tasya Permata Listi
Date Deposited: 04 Oct 2023 01:23
Last Modified: 04 Oct 2023 01:23
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/129571

Actions (login required)

View Item View Item