EGON, EGON and Ismet, Ismet and Akhsan, Hamdi (2018) PENGEMBANGAN HANDOUT MATA KULIAH TERMODINAMIKA BERBASIS STEM UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_84203_06111181419074_0006076803_0010026901_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (947kB) | Preview |
Text
RAMA_84203_06111181419074_0006076803_0010026901_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (100kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419074_0006076803_0010026901_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (231kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419074_0006076803_0010026901_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (670kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419074_0006076803_0010026901_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419074_0006076803_0010026901_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (19kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419074_0006076803_0010026901_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Telah dikembangkan handout mata kuliah termodinamika berbasis STEM untuk mahasiswa program studi pendidikan fisika. Bahan ajar yang digunakan selama ini lebih terfokus pada sains dan matematika saja sedangkan teknologi dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari masih sedikit. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa handout yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan handout menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi peneliti menggunakan prosedur evaluasi formatif dari Tessmer yang terdiri dari 5 tahap, yaitu self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation, dan field test. Pada penelitian ini, handout sebatas untuk pengujian kevalidan dan kepraktisan, sehingga tahap field test tidak dilaksanakan. Teknik pengumpulan data menggunakan walk through dan angket. Dari hasil validasi ahli (expert review) didapatkan nilai rerata hasil validasi isi (content) sebesar 89,52% dengan kategori sangat valid, rerata hasil validasi desain sebesar 94,55% dengan kategori sangat valid, dan rerata hasil validasi bahasa sebesar 97,78% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan handout ini dilihat dari skor rerata angket pada tahap one-to-one evaluation sebesar 86,03% dengan kategori sangat praktis dan skor rerata angket pada tahap small group evaluation sebesar 93,54% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa handout mata kuliah termodinamika berbasis STEM untuk mahasiswa program studi pendidikan fisika yang dikembangkan telah valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Handout, STEM, termodinamika, penelitian pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan. |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC310.15-319 Thermodynamics > QC310.15 Thermodynamics--Periodicals. Heat--Transmission--Periodicals. Combustion--Periodicals. Fluid mechanics--Periodicals. Combustion. Fluid mechanics. Heat--Transmission. Thermodynamics |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 02:58 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 02:58 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/12958 |
Actions (login required)
View Item |